Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yana Zein Sempat Minta Mi Ramen Sebelum Koma

Kompas.com - 01/06/2017, 13:01 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Yana Zein (50) sempat meminta dibelikan mi ramen sehari sebelum ia dilarikan ke rumah sakit, Selasa (30/5/2017) lalu.

Sebagai informasi, Yana meninggal dunia akibat kanker payudara stadium empat di RS Mayapada, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017) pukul 01.05 WIB.

"Dia minta mi ramen jamur ayam gitu," ujar asisten Yana, Nita, saat dihubungi per telepon, Kamis siang.

Nita yang tahu kondisi kesehatan Yana, lantas mengingatkan bahwa Yana tak dibolehkan menyantap makan itu. Namun karena Yana terus meminta dan membujuknya, ia pun menyerah.

"Dia bilang 'sus saya ke Indonesia itu cuma pengin makan mi ramen'. Minta disuapin, tapi sebelum disuapin, tangannya merangkul peluk saya 'sus saya dingin' katanya," ujar Nita sambil terdengar menahan tangis.

Sebelum itu, Yana juga meminta Nita memijat kakinya karena merasa kesemutan.

"Terus sebelum pulang ke Indonesia (setelah berobat di China), dia cerita 'dua hari lalu sus tulang belakang saya bunyi kayak patah'. Aku bilang jangan ngomong kayak gitu, mungkin kecapean," ujar Nita mencoba menenangkan Yana.

[Baca juga: Mengapa Yana Zein Mengaku Sehat Sebelum Meninggal?]

Kemudian, ketika Nita akan pulang ke kampung halaman di Lampung, Yana melakukan sesuatu yang membuatnya semakin terharu.

"Saya mau pulang, dia bilang 'suster genggam tangan saya'. Ternyata dia mau bikin kenang-kenangan," kata Nita.

Pada 30 Januari 2017, Yana berangkat ke China untuk menjalani cryosurgery, yakni penggunaan suhu dingin dan panas yang ekstrim untuk memusnahkan jaringan sel kanker.

Setelah empat bulan, ia kembali ke Tanah Air dengan kabar bahwa kesembuhannya sudah mencapai 75 persen. Namun takdir berkata lain, Yana berpulang setelah sempat koma di RS Mayapada, Jakarta Selatan, Kamis dini hari.

[Baca juga: Sebelum Tutup Usia, Yana Zein Sudah Beri Tanda-tanda]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com