Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayu Skak: Kalau Bisa Jadi "Trendsetter", Pasti Akan Viral

Kompas.com - 03/06/2017, 14:13 WIB
Sintia Astarina

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Tak mudah bagi YouTuber Bayu Skak untuk mempromosikan konten-konten miliknya di media sosial. Bagi dia, jika ingin membuat viral karya-karya di YouTube, seorang kreator harus membuat sesuatu yang unik.

"Gampangnya kita bikin konten unik, yang belum pernah dibikin. Kalau bisa jadi trendsetter, pasti akan viral," ujar Bayu saat dijumpai di Show DC, Bangkok, Jumat (2/6/2017).

Di sisi lain, ada banyak hal-hal kecil yang harus diperhatikan dalam membuat konten YouTube, mulai dari judul sampai deskripsi.

"Memviralkan video sama harus perhatikan title, teks dan description. Mungkin dikira title aja, padahal ketiga aspek itu penting banget dan mendukung," ujar Bayu.

"Jadi pas di-upload, langsung bisa muncul di atas. Makanya harus diamati bener-bener. Jangan numpang teks orang. Padahal itu salah, pemikiran itu harus dibenerin," sambung pemilik nama lengkap Bayu Eko Moektito ini.

Membuat suatu karya dapat diketahui masyarakat secara luas tidaklah mudah. Apalagi menjadi seorang trendsetter.

"Jadi trendsetter itu susah. Pertama kali bikin video pakai bahasa Jawa itu aku iseng doang, buat temen-temenku doang yang nonton," ungkap Bayu.

"Eh ternayata dari Jateng, Jatim, Jogja pada nonton semua. Nah itu tadi aku jadi trendsetter, yang lain enggak bikin, aku bikin duluan jadi meledak. Sampai sekarang itu yang aku pegang. Enggak perlu takut pakai bahasa Jawa," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com