Rio Dewanto: Jadi "Dubber" Tidak Mudah

Kompas.com - 06/06/2017, 19:40 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Rio Dewanto menyulih suara untuk karakter Max, seekor anjing terrier dalam film animasi The Secret Life of Pets.

Menurut Rio, tidak mudah untuk menjadi seorang dubber meski sudah punya dasar berakting.

"Ini pertama kali jadi pengisi suara. Seru sih. Jadi dubber enggak semudah itu," kata Rio dalam jumpa pers di Hotel Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2017).

Suami artis peran Atiqah Hasiholan itu mengungkapkan bahwa kesulitannya adalah dalam mengolah vokal.

[Baca juga: Atiqah Hasiholan-Rio Dewanto Sengaja Sembunyikan Jenis Kelamin Anak]

Jika dalam peran film Rio hanya terpaku berakting, dalam sulih suara Rio harus belajar tentang intonasi nada. Apalagi menyesuaikan antara suara dan bibir dari sang karakter.

"Karena men-dubbing sesuatu yang sudah jadi, saya harus menyesuaikan. Meskipun saya jadi anjing karakternya, tapi dia kan tetap interaksinya berdialog satu sama lain. Seru sih pas dengerin," kata dia.

[Baca juga: Sulih Suara Film The Secret Life of Pets Diisi Para Artis]

"Tapi yang paling susah menyamakan mulut itu. Kalau jadi dubber kartun kan take dulu, lalu mulut dan suara disesuaikan," ucapnya.

Selain Rio, ada sederet pesohor Tanah Air yang menjadi pengisi suara untuk karakter lainnya. Mereka adalah Ferry Salim sebagai Duke, Ichsan Akbar sebagai Snowball, Nycta Gina sebagai Gidget, Nina Tamam sebagai Katie, Bayu Oktara sebagai Tiberius, dan Aimee Saras sebagai Chloe.

Film The Secret Life of Pets mengisahkan kehidupan hewan peliharaan ketika pemiliknya meninggalkan rumah untuk bekerja atau sekolah.

Saat itulah para hewan peliharaan setiap harinya berbincang satu sama lain, berbagi cerita tentang pemilik mereka, dan melakukan kegiatan-kegiatan seru bersama.

Film itu akan tayang perdana di Indonesia bertepatan dengan pada 25 Juni 2017 pukul 19.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.