Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun ke-33, Chicco Jerikho Galang Dana untuk Petani Kopi

Kompas.com - 03/07/2017, 13:48 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Chicco Jerikho merayakan ulang tahunnya ke-33 dengan menggalang dana pada laman Kitabisa.com pada Senin (3/7/2017) ini.

Ia mengajak masyarakat untuk berdonasi sebagai bentuk hadiah ulang tahun untuknya. Donasi itu untuk membeli mesin sangrai manual secara khusus kepada Kang Sukiman dan kelompok petani kopi di Desa Sidorejo, kawasan Gunung Merapi, Yogyakarta.

Chicco yang merupakan bintang film Filosofi Kopi ini menuturkan alasannya menggalang donasi tersebut. Menurut dia, kecintaan akan kopi membuatnya berpikir bahwa kesejahteraan para petani kopi juga butuh ditingkatkan.

“Kebetulan gue denger cerita tentang Kopi Tanah Air Kita yang lagi mau ngebantu Kang Sukiman untuk memberdayakan petani kopi Merapi. Gue ngerasa terpanggil buat ikutan take action barengan sama kalian. Oleh karenanya gue minta dikasih kado donasi buat petani kopi Indonesia," kata Chicco melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin ini.

“Gue mengajak Lo semua, khususnya para pecinta kopi buat menyisihkan 1 gelas kopi yang biasa kalian beli untuk berdonasi ke inisiatif pemberdayaan petani dan produk kopi lokal ini. Donasi Kalian akan disalurkan dalam bentuk alat sangrai manual "Mami-Kotak" dan pelatihan penggunaan alat tersebut kepada para petani,” tutur Chicco.

[Baca juga: Chicco Jerikho Ulang Tahun, Ini yang Dilakukan Mikha Tambayong]

 

Sukiman Mochtar Pratomo, biasa dipanggil Kang Sukiman, adalah seorang petani kopi dan sayur yang juga merangkap sebagai koordinator komunitas Lintas Merapi Desa Sidorejo. Komunitas sukarelawan di kawasan Puncak Gunung Merapi.

Mereka sedang berupaya membangkitkan kembali kejayaan kopi Merapi seperti era 1980-an. Salah satu kegiatan nyata mereka adalah dengan memproduksi kopi kemasan Cap Petruk.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan, bahwa pihaknya senang bisa mewadahi para pesohor Tanah Air untuk mengonversi ulang tahun mereka menjadi donasi.

Diketahui sebelum Chicco, ada Raisa Andriana, Tatjana Saphira, Vidi Aldiano, Chelsea Islan, Indro "Warkop", dan Pandji Pragiwaksono yang telah menggalang donasi untuk berbagai kegitan sosial.

"Kampanye yang dilakukan oleh Chicco Jerikho ini semoga bisa memberikan dampak positif bagi semua petani kopi di Indonesia. Selain tentu kami berharap akan ada lebih banyak figure yang terinspirasi dengan kampanye ini dan turut mendonasikan ulang tahunnya," kata Alfatih.

[Baca juga: Video: Chicco Jerikho dan Rio Dewanto Nyanyikan Sahabat Sejati]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+