Di YouTube, "Gangnam Style" Kini Dikalahkan "See You Again"

Kompas.com - 12/07/2017, 20:19 WIB
Penyanyi asal Korea PSY meramaikan acara Oppo Selfie Fest di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang. Kamis (24/11/2016). Festival ini diadakan untuk merayakan hari ketiga tahun  produk telepon genggam Oppo di pasar Indonesia. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIPenyanyi asal Korea PSY meramaikan acara Oppo Selfie Fest di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang. Kamis (24/11/2016). Festival ini diadakan untuk merayakan hari ketiga tahun produk telepon genggam Oppo di pasar Indonesia.
EditorAti Kamil

SEOUL, KOMPAS.com -- Video musik untuk lagu "Gangnam Style", yang dibawakan oleh penyanyi pop Korea Selatan PSY, sekarang bukan lagi merupakan video musik yang paling banyak ditonton di YouTube.

Padahal, selama lima tahun terakhir, "Gangnam Style" tercatat sebagai video musik yang paling banyak ditonton, sebagaimana dilaporkan oleh wartawan BBC bidang musik, Mark Savage.

Video musik tersebut begitu populernya sehingga "melewati" batas penghitungan maksimal YouTube, 2.147.483.647. Akibatnya, situs berbagi video itu harus memperbesar kapasitas penghitungnya.

Baca juga: PSY: Saya Kena Penyakit Amerika gara-gara Gangnam Style

Namun, "Gangnam Style" sekarang sudah dikalahkan oleh video musik lain, "See You Again", dari Wiz Khalifa dan Charlie Puth.

"See You Again", balada yang memilukan hati, sudah ditonton 2.895.373.709 kali, mengalahkan video PSY tersebut, yang sejauh ini telah ditonton 2.894.426.475 kali.

Baca juga: PSY Gandeng Personel Big Bang di Album Ke-8

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagu "See You Again" ditulis untuk film Furious 7 (2015) dan penutupnya didedikasikan untuk aktor Paul Walker.

Walker meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas pada 30 November 2013 di Valencia, California, AS, sebelum Furious 7 rampung digarap.

"See You Again" tercatat sebagai lagu yang paling laris di seluruh dunia pada 2015 dan dinominasikan sebagai lagu terbaik dalam Grammy Awards dan Academy Awards atau Oscar.

Baca juga: Gentleman Milik Psy Cetak Lebih dari Satu Miliar View

Dalam tempo enam bulan, video musik "See You Again" sudah ditonton satu miliar kali dan hingga September 2017 dua miliar kali.

Namun, kepopulerannya di YouTube mungkin tidak akan bertahan lama, sebab video musik "Despacito" dari penyanyi Luis Fonsi asal Puerto Riko sudah ditonton 2,5 miliar kali dalam waktu enam bulan saja, dan tampaknya jumlahnya akan terus meningkat.

Lagu yang dinyanyikan dalam bahasa campuran Spanyol dan Inggris itu menduduki tangga teratas di Inggris selama delapan minggu terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.