Tohpati: Perlu Riset untuk Membuat Lagu Anak Masa Kini

Kompas.com - 28/07/2017, 16:15 WIB
Tohpati ditemui usai acara Penganugerahan 20 Lagu Anak Dendang Kencana 2017, di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2017), KOMPAS.com/SINTIA ASTARINATohpati ditemui usai acara Penganugerahan 20 Lagu Anak Dendang Kencana 2017, di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2017),
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas Gramedia kembali mengadakan Lomba Cipta Lagu Anak Dendang Kencana 2017.

Dalam lomba ini, para guru se-Indonesia diajak untuk membuat lagu yang tepat untuk anak-anak TK dan SD.

Gitaris dan penulis lagu Tohpati berpendapat riset merupakan faktor penting dalam pembuatan lagu anak.

"Ya harus riset sih karena anak-anak zaman sekarang enggak bisa disamain sama anak-anak zaman dulu," kata Tohpati ketika menghadiri acara Penganugerahan 20 Lagu Anak Dendang Kencana 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2017).

Ia menilai anak-anak masa kini sudah lebih pintar, tidak terkecuali dalam menangkap musik.

"Ibunya juga makannya beda. Zaman ibu saya mungkin makannya lemper doang. Kalau sekarang dengerin Bethoven (pas hamil), makan vitamin, jadi kualitas bayi udah bagus di awal. Jadi memang harus ada riset," lanjutnya.

Tohpati mengatakan anak-anak masa kini bisa menikmati lagu-lagu yang cukup unik. Menurut dia, hal itu bisa dijadikan sampel untuk riset.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Tohpati berharap Dendang Kencana 2017 bisa bekerja sama dengan pemerintah atau sekolah.

"Jadi dari TK kalau perlu, lagu yang sudah dilombakan nasional ini yang bener-bener disaring sama orang kompeten," kata Tohpati.

Dengan begitu, lagu anak yang bermutu bisa diajarkan kepada mereka.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X