Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza The Groove: Musik Anak-anak Harus Variatif

Kompas.com - 28/07/2017, 22:58 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu personel The Groove, yakni Reza Hernanza Desiawan mengungkapkan kegelisahannya terhadap industri musik.

Saat dijumpai di Bentara Budaya, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2017), Reza mengatakan bahwa jumlah musik anak-anak yang ada saat ini sangatlah minim.

"Kalau kata gue sih (lagu anak-anak) dalam tiap masa pasti bakal bermunculan, tapi dalam segi kuantitasnya kurang. Kalau dulu kan yang berkualitas kayak Sherina itu bagus banget, tapi kompetitornya enggak ada. Kemudian muncul Gita Gutawa dan Di Atas Rata-rata kan bagus banget," ujar Reza.

"Tapi kan mereka enggak bisa sendiri, harus ditemani dengan banyak artis lainnya yang sama kualitasnya," lanjutnya.

Bagi Reza, lagu anak-anak haruslah variatif, sehingga mereka tak bosan mendengar yang itu-itu saja.

"Kan penduduk Indonesia 250 juta. Kita kalau denger musik kan enggak cuma satu. Misalkan, masa tiap hari dengerin Coldplay. Enggak mungkin kan? Mungkin besok dengerin Sting, Beyonce. Kita kan memang harus variatif. Kita kan enggak ada kayak gitu," ujar Reza.

"Mungkin mereka nge-fans sama Naura. Naura kan bagus banget. Tapi kan masa tiap hari dengerin Naura? Bosen dong," imbuhnya.

[Baca juga: 20 Tahun Berkarya, The Groove Rilis Tuhan di Hati Kita]

 

Menurut Reza, musik itu seperti makanan. Karena kurang variatifnya lagu anak-anak, kebutuhan konsumsi musik pun tak cukup terpenuhi.

"Menurut gue, musik itu makanan jiwa. Makanan kan lebih kepada kita hidup dan lain sebagainya. Tapi kalau kita makan, masa tiap hari makannya gado-gado. Harus variatif. Musik juga begitu. Enggak mungkin tiap hari dengerin Sherina, misalnya," pungkasnya.

[Baca juga: The Groove Menyapa Penggemar dengan Bawalah Daku]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com