Heryadi Silvianto
Dosen FIKOM UMN

Pengajar di FIKOM Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan praktisi kehumasan.

Saat Kekuatan Media Sosial Menggusur Arti Selebritas

Kompas.com - 08/08/2017, 07:12 WIB
Ilustrasi Media Sosial. Jitet/KOMPASIlustrasi Media Sosial.
EditorAmir Sodikin

PERKEMBANGAN information communication & technology (ICT) yang kian pesat secara faktual telah mempengaruhi banyak sendi kehidupan manusia. Salah satunya terkait kebiasaan seseorang dalam menerima informasi atau berita dari media massa.

Proses tersebut seringkali disebut media habit, yakni sebuah kebiasaan seseorang dalam mengonsumsi berita lewat media dalam kurun waktu tertentu, sejak dia bangun hingga dirinya terlelap.

Media habit ini setidaknya bisa menjelaskan mengapa pertumbuhan media cetak kian meredup dan disisi lain media online menjamur bak cendawan di musim hujan.

Baca juga: Vlog "Lucu-lucuan" yang Menyuburkan Sikap Kritis

Studi terkait media habit ini tidak bisa digeneralisasi secara sederhana, karena pada dasarnya menyangkut berbagai macam preferensi dan variabel. Utamanya terkait usia dan minat. Karenanya, tulisan ini mencoba membedah fenomena itu dalam batasan-batasan tersebut.

Generasi X, Y, dan Z

Pada Januari 2017, Hootsuite dan We Are Social mengeluarkan data pengguna internet di Indonesia sebanyak 132,7 juta dengan penetrasi pertumbuhan mencapai 51 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Total pengguna media sosial aktif mencapai 40 persen atau sekitar 106 Juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari jumlah tersebut 92 juta mengakses lewat gawai atau 35 persen dari jumlah populasi. Atas itu semua, Indonesia per Januari 2017 menempati urutan ke-4 pertumbuhan pengguna media sosial secara global sebesar 34 persen.

Angka tersebut di bawah Saudi Arabia 73 persen, Uni Emirat Arab 46 persen, dan India 40 persen.

Data terbaru, ditegaskan kembali Nielsen dalam laporan Nielsen Media Consumer tahun 2017 yang baru dikeluarkan akhir Juli ini. Laporan itu merilis penetrasi media masih didominasi oleh televisi di angka 96 persen dan media luar ruang 53 persen.

Tetapi perkembangan internet secara pasti terus merangsek secara progresif di posisi ketiga menyentuh angka 44 persen atau setara 24,2 juta jiwa. Capaian ini melonjak jauh dari angka 5 tahun lalu, yang baru menyentuh angka 26 persen.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.