Igor Saykoji Tak Mau Rusak Tujuan Bermusik dengan Pakai Narkoba

Kompas.com - 11/08/2017, 12:11 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Ignatius Rosoinaya Penyami atau lebih terkenal dengan nama Saykoji (34) berpendapat aliran musik yang dipilihnya rentan narkoba.

Tidak hanya di dalam negeri saja, kata Igor, pemakaian narkoba di kalangan komunitas hiphop luar negeri malah lebih parah.

"Kalau saya sendiri di Indonesia, inner circle, temen-teman saya yang berkumpul, saya enggak kayak gitu," kata Igor saat dijumpai di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2017).

Menurut Igor, perilaku baik ataupun buruk merupakan pilihan pribadi. Ia mengatakan mereka tidak bisa sepenuhnya menyalahkan lingkungan pergaulan.

Ia tidak menyangkal bahwa publik mengasumsikan musik hiphop identik dengan narkoba.

"Karena memang rapper-rapper kalau dari lagu lagunya kan identik dengan penyalahgunaan zat yang itu. Cuma menurut saya, tergantung karakter aja mungkin," kata dia.

Rapper yang memiliki lagu populer berjudul "So What Gitu Loh?" tersebut punya cara agar tak terjerumus obat-obatan terlarang.

"Kalau saya sih ngelihatnya harus tahu purpose-nya, tujuannya. Kenapa saya dikasih kesempatan untuk jadi musisi? Kenapa saya dikasih kesempatan untuk berkarier dan orang perhatikan?" ujarnya.

"Kalau saya tahu purpose-nya buat apa, saya enggak pengin merusak purpose saya dengan jatuh ke arah yang salah. Se-simple itu sih," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.