Fadly PADI Gemar Baca Buku Sejarah

Kompas.com - 13/08/2017, 16:10 WIB
|
EditorKistyarini

BEKASI, KOMPAS.com - Vokalis grup band PADI, Fadly (43), rupanya gemar membaca buku.  Ia mengoleksi berbagai jenis buku. Namun favoritnya adalah  buku sejarah.

"Saya suka baca buku sejarah," kata Fadly saat berbincang dengan Kompas.com di sebuah hotel di kawasan Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/8/2017).

Hari itu, secangkir minuman dan sebuah buku tentang sejarah dunia bersanding di meja depan di depan kami. Fadly ingin menuntaskan membaca buku itu.

Ia sering membawa buku untuk menemaninya berpergian.

"Di saat waktu kosong saya selalu meluangkan waktu untuk membaca. Apalagi buku bergambar yang ringan, buku sejarah ringan, jadi beberapa hari sudah habis di baca," kata Fadly menjelaskan.

Menurut Fadly, minat bacanya tumbuh saat masih kecil. Berbagai koleksi buku sejarah sudah dimilikinya.

"Saya dari muda suka baca buku. Enggak hanya buku sejarah, tapi tentang buku biografi," kata dia.

Istri Fadly, Dessy Aulia, juga gemar membaca. Di rumahnya, kata Fadly, ada sebuah perpustakaan mini yang berisi buku-buku koleksi mereka.

"Kalau istri bukunya dikumpulkan saat masih SMP. Kalau saya dikumpulkan pas masih SMA. Pas kami menikah koleksi berdua digabungin. Ada perpustakaan kecil di rumah. Tapi, yang banyak adalah buku biografi," kata Fadly.

Mengapa dia sangat menyukai buku bertema sejarah?

"Sejarah itu menentukan kita mau memutuskan apa ke depan. Kita belajar kebijaksanaan. Itu jadi pelajaran buat kita. Dan, bisa menentukan kita ke depan seperti apa dari sejarah yang sudah ada. Kita mau dikenang seperti apa? Baca buku sejarah kita akan ketahui, mau jadi yang merusak atau memperbaiki," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.