Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawula Muda Dominasi Hari Pertama Prambanan Jazz Festival 2017

Kompas.com - 18/08/2017, 19:07 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang malam pengunjung terus mendatangi lokasi digelarnya Prambanan Jazz Festival di kompleks Candi Prambanan, DI Yogyakarta, Jumat (18/8/2017).

Dari pantauan Kompas.com, pengunjung kawula muda mendominasi hari pertama digelarnya Prambanan Jazz Festival. Padahal, perhelatan pada hari pertama ini menampilkan sejumlah artis yang populer pada era 1990-an.

Para artis musik pun sudah memulai pertunjukan mereka di perhelatan yang sudah memasuki episode ketiga itu. Satu di antaranya ada grup rock /rif yang sudah memainkan sejumlah judul lagu yang pernah populer di era 1990-an.

"Loe Toe Ye" misalnya, band yang digawangi vokalis Restu Triandy alias Andy "/rif" itu mengajak para pengunjung untuk menyanyikan salah satu lagu dari album mereka yang berjudul Nikmati Aja. Lagu itu terbilang sukses di pasaran dan menjadikan klip video "Loe Toe Ye" memenangi penghargaan di VMI 2000-2001.

Suasana penonton di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (18/8/2017). Pada hari pertama, konsep 90s Moment bakal dimeriahkan artis dan musisi yang populer dan hits pada tahun 90-an dan Prambanan Jazz Festival ini akan berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana penonton di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (18/8/2017). Pada hari pertama, konsep 90s Moment bakal dimeriahkan artis dan musisi yang populer dan hits pada tahun 90-an dan Prambanan Jazz Festival ini akan berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Lagu bertajuk "Loe Toe Ye" itu sekaligus menjadi suguhan pamungkas band yang terbentuk pada 1992 tersebut di panggung Prambanan Jazz Festival hari pertama.

Selanjutnya, giliran Shaggydog yang memeriahkan suasana setelah rehat shalat magrib. Mereka memainkan tembang berjudul "Kembali Berdansa" untuk membuka penampilan mereka.

Penampilan Shaggydog di Prambanan Jazz Festival semakin meriah dengan latar belakang Candi Prambanan di malam hari. Sorotan lampu menghiasi badan Candi Prambanan tampak jelas dari belakang panggung. Ditambah lagi, jumlah pengunjung justru semakin bertambah ketika objek wisata sudah ditutup.

Pengunjung festival yang digelar selama tiga hari itu berasal dari berbagai daerah. Karenita (29), pengunjung asal Jakarta datang ke lokasi Prambanan Jazz Festival sejak pukul 13.00 WIB.

Ia yang datang bersama dua rekannya mengaku sengaja datang ke Prambanan Jazz Festival pada hari ini.

"Saya tiba di Yogyakarta kemarin," kata dia. 

Karenita mengaku ingin melihat penampilan artis era 1990-an yang tampil hari ini. Ia ingin mengenang lagu-lagu yang pernah populer ketika dirinya masih duduk di bangku SMP.

"Mereka sudah jarang keluar," kata dia.

Dari beberapa artis yang tampil, ia ingin menyaksikan penampilan Andre Hehanusa. Ia mengaku belum pernah menyaksikan peforma pria berdarah Ambon itu secara langsung. 

"Sebenarnya semua artisnya kece, cuma saya paling penasaran sama penampilan Andre Hehanusa," ujar Karenita seraya menyebut kedatangannya di Prambanan Jazz Festival itu merupakan pengalaman pertamanya. 

Sejumlah artis dalam dan luar negeri sudah memulai pertunjukan mereka pada hari ini. Sebelumnya ada Shakey, Emerald, T Five, Lingua, dan Ipang.

Setelah Shaggydog, masih Ada Base Jam, Ada Band, The Groove, Katon Bagaskara, dan Andre Hehanussa. Mereka tampil di pangugng yang ada di Lapangan Roro Jongrang.

Untuk di Panggung IndiHome di Lapangan Brahma akan diisi oleh dua artis musik internasional. Shakatak akan tampil mulai pukul 21.00 WIB dan mantan personel boyband Westlife Shane Filan mulai pukul 22.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com