Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rachel Amanda Sembuh dari Kanker Tiroid

Kompas.com - 22/08/2017, 09:26 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tak banyak yang tahu bahwa artis peran Rachel Amanda ternyata pernah terkena kanker tiroid. Pemain film The Nekad Traveler itu mengaku terserang kanker tersebut sekitar tiga atau empat tahun lalu.

"Aku sakitnya (kanker) tiroid karena aku kemarin keracunan yodium," ujar Rachel saat dijumpai di Sofia at Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam.

Saat itu, berat badan Rachel menurun drastis, ia menjadi sering berkeringat, detak jantungnya lebih kencang, dan jadi mudah lelah serta mengantuk. Beruntung, kini hal itu tak lagi ia rasakan.

Dara kelahiran 1 Januari 1995 itu mengaku sudah terbebas dari sel kanker setelah menjalani operasi pengangkatan kelenjar tiroid.

"Operasinya 2014. Untuk operasinya cuma dua jam sampai tiga jam gitu," kata Rachel.

[Baca juga: Rachel Amanda: Pembajakan Itu Merusak]

 

Mulanya dokter mendiagnosa terdapat tumor dalam kelenjar tiroidnya pada bagian kanan. Namun saat operasi, kelenjar kiri juga ikut diangkat karena dikhawatirkan tumornya ganas dan menyebar.

"Dua-duanya diangkat karena kebijakan dokter, padahal sebenarnya harusnya salah satunya ditinggalin. Karena dokter takut tumornya ganas dan nyebar ke kiri. Ternyata tumornya jinak, tapi pas dicek (kelenjar) sebelah kiri, sudah ada anak sel kanker," ujar Rachel.

"Jadi di situ aku ketahuan kanker memang, tapi masih state yang sangat awal jadi dokter pun kayak 'oh ya oke Manda abis ini (operasi), ablasi aja sekali, terus kelar.' Karena tipe tiroid ini memang tipe yang paling jinak," tambahnya.

Sekarang, Rachel mengaku kondisi kesehatannya baik-baik saja. "Kondisiku sekarang ini masih tahap pemantauan, tapi sehat-sehat aja. Pas tiroidnya udah diambil, normal lagi, tinggal minum obat aja," kata Rachel.

[Baca juga: Demi Pendidikan, Rachel Amanda Tak Ingin Menikah Muda]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com