Cerita Rachel Amanda Sembuh dari Kanker Tiroid

Kompas.com - 22/08/2017, 09:26 WIB
Rachel Amanda saat menghadiri peluncuran FFI 2017 di restoran Sofia at Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGRachel Amanda saat menghadiri peluncuran FFI 2017 di restoran Sofia at Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tak banyak yang tahu bahwa artis peran Rachel Amanda ternyata pernah terkena kanker tiroid. Pemain film The Nekad Traveler itu mengaku terserang kanker tersebut sekitar tiga atau empat tahun lalu.

"Aku sakitnya (kanker) tiroid karena aku kemarin keracunan yodium," ujar Rachel saat dijumpai di Sofia at Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam.

Saat itu, berat badan Rachel menurun drastis, ia menjadi sering berkeringat, detak jantungnya lebih kencang, dan jadi mudah lelah serta mengantuk. Beruntung, kini hal itu tak lagi ia rasakan.

Dara kelahiran 1 Januari 1995 itu mengaku sudah terbebas dari sel kanker setelah menjalani operasi pengangkatan kelenjar tiroid.

"Operasinya 2014. Untuk operasinya cuma dua jam sampai tiga jam gitu," kata Rachel.

[Baca juga: Rachel Amanda: Pembajakan Itu Merusak]

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulanya dokter mendiagnosa terdapat tumor dalam kelenjar tiroidnya pada bagian kanan. Namun saat operasi, kelenjar kiri juga ikut diangkat karena dikhawatirkan tumornya ganas dan menyebar.

"Dua-duanya diangkat karena kebijakan dokter, padahal sebenarnya harusnya salah satunya ditinggalin. Karena dokter takut tumornya ganas dan nyebar ke kiri. Ternyata tumornya jinak, tapi pas dicek (kelenjar) sebelah kiri, sudah ada anak sel kanker," ujar Rachel.

"Jadi di situ aku ketahuan kanker memang, tapi masih state yang sangat awal jadi dokter pun kayak 'oh ya oke Manda abis ini (operasi), ablasi aja sekali, terus kelar.' Karena tipe tiroid ini memang tipe yang paling jinak," tambahnya.

Sekarang, Rachel mengaku kondisi kesehatannya baik-baik saja. "Kondisiku sekarang ini masih tahap pemantauan, tapi sehat-sehat aja. Pas tiroidnya udah diambil, normal lagi, tinggal minum obat aja," kata Rachel.

[Baca juga: Demi Pendidikan, Rachel Amanda Tak Ingin Menikah Muda]



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X