Alasan Petugas BPRD Kejar Pajak Mobil Mewah Milik Para Artis

Kompas.com - 22/08/2017, 19:05 WIB
Mobil mewah milik Raffi Ahmad diparkir di dekat masjid perumahannya di Green Andara Residences, Jumat (22/8/2017). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARMobil mewah milik Raffi Ahmad diparkir di dekat masjid perumahannya di Green Andara Residences, Jumat (22/8/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta (BPRD) Edi Sumantri mengungkapkan alasan pihaknya menagih pajak kendaraan mobil mewah yang dimiliki para artis.

"Sebenarnya yang banyak memiliki mobil mewah kan rata-rata kan figur publik," kata Edi kepada Kompas.com di Permata Hijau Residence, Jakarta Selatan, Selasa (22/8/2017).

Menurut Edi, kebanyakan kalangan pelaku industri kreatif tidak hanya memiliki satu kendaraan, melainkan lebih. Hal itulah yang dirasa Edi penting dan efektif untuk menyasar pajak kepada mereka.

"Kami menyasar mobil mewah kan karena efektif, hasilnya lebih besar. Satu mobil mewah itu pajaknya bisa Rp 100 juta, bisa Rp 150 juta," kata Edi.

"Untuk kendaraan umum di Jakarta kan sudah kami lakukan kajian juga," sambung dia.

Hari ini, petugas BPRD bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pengecekan dan sosialisasi ke rumah dua artis.

Yang pertama ke rumah artis peran Raffi Ahmad. Dalam penemuannya, petugas gabungan menemukan dua unit mobil yang terparkir di dekat halaman masjid kompleks perumahan.

[Baca juga: Raffi Ahmad Tak di Rumah Saat Petugas BPRD Tagih Pajak Mobil Mewah]

 

Dua mobil itu Lamborghini bernomor polisi B 1 AMY yang pajaknya masih berlaku hingga November 2017 dan Rolls-Royce berwarna hitam tanpa plat nomor.

Sedangkan artis kedua adalah Syahrini. Saat menyambangi kediaman penyanyi Syahrini di Apartemen Permata Hijau Residence, kendaraan tidak ditemukan.

Meski tidak terlihat kendaraan milik Syahrini, petugas tetap melakukan pengecekan terhadap kendaraan-kendaraan mewah milik penghuni apartemen.

"Kami lihat mobil-mobil ini. Nanti dari nomornya akan terlihat ini punya siapa. Akan terlacak lewat sistem," kata Edi.

[Baca juga: Video: Pernyataan Syahrini soal Pajaknya]



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X