Rio Dewanto dan Chicco Jericho "Ngopi Bareng" Munir di Aksi Kamisan

Kompas.com - 07/09/2017, 20:24 WIB
Aktor film Filosofi Kopi Rio Dewanto saat berorasi di Aksi Kamisan ke 505, seberang Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2017). KOMPAS.com/Kristian ErdiantoAktor film Filosofi Kopi Rio Dewanto saat berorasi di Aksi Kamisan ke 505, seberang Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi Kamisan ke 505 terlihat berbeda dengan aksi-aksi pada Kamis sebelumnya.

Aktor film Filosofi Kopi Rio Dewanto dan Chicco Jericho nampak hadir dalam acara yang digelar oleh keluarga korban Pelanggaran HAM itu.

Mereka berdua berbaur dengan ratusan orang berpakaian serba gelap dan berpayung hitam mengenakan topeng wajah Munir Said Thalib, aktivis HAM yang dibunuh 13 tahun lalu.

Mereka berdiri menghadap Istana Kepresidenan. Orasi dan musiskalisasi puisi digelar di tengah kerumunan, lengkap dengan pengeras suara.

Tidak jauh dari situ, mobil VW Combi Filosofi Kopi menyediakan secangkir kopi hitam gratis untuk peserta aksi. Rio Dewanto pun sempat berorasi di sela-sela Aksi Kamisan.

"Yang saya tahu, saya baca Pak Jokowi janji menuntaskan kasus tersebut (Munir), tapi yang terjadi sampai detik ini bahkan kasus HAM bertambah terus," ujar Rio, Kamis (7/9/2017).

[Baca juga: Video: Chicco Jerikho dan Rio Dewanto Nyanyikan Sahabat Sejati]

 

Aksi Kamisan ke 505 sore itu didedikasikan untuk memperingati kematian Munir yang dibunuh pada 7 September 2004.

Pria yang akrab disapa Cak Munir itu meninggal dunia dalam perjalanan menuju Belanda, negeri yang menjadi tujuannya bersekolah selama beberapa tahun ke depan.

Dia diracun dalam penerbangan Garuda Indonesia GA-974 dari Jakarta menuju Amsterdam, yang sempat transit di Singapura. Sejumlah sidang di pengadilan telah digelar untuk mengadili pelaku pembunuhan Munir.

Bahkan, pengadilan telah menjatuhkan vonis 14 tahun penjara terhadap Pollycarpus Budihari Priyanto, pilot Garuda yang saat itu sedang cuti, sebagai pelaku pembunuhan Munir.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X