Jika Digemari Kaum Ibu, Efek Rumah Kaca Senang

Kompas.com - 13/09/2017, 11:55 WIB
|
EditorAti Kamil

DENPASAR, KOMPAS.com -- Efek Rumah Rumah Kaca (ERK) dikenal sebagai salah satu band independen (indie) terkemuka di Tanah Air yang biasa meluncurkan pesan sosial, politik, dan lingkungan, bukan cerita asmara, melalui lirik lagu.

Musik ERK juga tergolong bukan musik yang ringan atau mudah dicerna.

Lalu bagaimana jika suatu hari nanti musik Efek Rumah Kaca, yang digemari kaum muda, kelak bisa disukai oleh umumnya kaum ibu?

"Lebih bahagia harusnya, karena ibu-ibu bisa satu pikiran sama kami. Kalau ibu-ibu sudah suka, biasanya semua suka, he he he. Enggak ada masalah," kata penabuh drum ERK, Akbar Bagus, dalam sesi wawancara di area Soundrenaline 2017, Garuda Wisnu Kencana, Bali, akhir minggu yang baru lalu.

Baca juga: Langka, Efek Rumah Kaca Diiringi Orkestra dalam Soundrenaline 2017

Pemain bas Efek Rumah Kaca, Poppie Airil, memandang itu sebagai hal yang menarik. Menurut ia, apabila musik mereka sudah diterima oleh para ibu, pesan dari ERK bisa ditularkan ke anak mereka.

"Bisa diturunkan ke anak-anaknya," ucap Poppie, yang menggantikan pemain bas ERK Adrian Yunan Faisal untuk sementara.

Baca juga: Kekuatan Kata Efek Rumah Kaca

"Kami enggak pernah terlalu mikirin banget ERK bisa jadi band mainstream. Kami fokus membuat lagu yang ingin kami bicarakan, lalu ada orang merespons baik, itu baik. Kalau ada ibu-ibu nyanyiin lagu ERK, mungkin bakal seneng," timpal Cholil Mahmud, vokalid ERK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.