Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian Ingin Produser Indonesia Bikin Film Horor yang Berbeda

Kompas.com - 14/09/2017, 12:08 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesan mistis dan berbau klenik kerap ditonjolkan secara murni dalam beberapa film bergenre horor yang diproduksi di Indonesia, tanpa sentuhan warna yang segar.

Lewat film Gerbang Neraka, artis peran Reza Rahadian berharap semakin banyak produser di Indonesia berani keluar jalur alias membuat film berbeda dari biasanya.

Sebab film arahan sutradara Rizal Mantovani itu tidak hanya menyuguhkan genre horor semata, melainkan dibalut dengan sentuhan fantasi yang didukung teknologi green screen.

"Kalau film ini (Gerbang Neraka) angkanya bagus (jumlah penonton). Pasti itu akan men-trigger produser untuk berani membuat film-film horor dengan motif yang berbeda lagi. Atau, film adventure fantasy yang berbeda," ujar dia ketika menghadiri pemutaran film Gerbang Neraka di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2017).

Reza berpendapat jumlah penonton dijadikan tolak ukur merupakan hal wajar. Tanpa jumlah itu, kata Reza, insan film bisa langsung mengetahui sukses tidaknya film baru tersebut.

[Baca juga: Reza Rahadian Memecut Diri Sendiri]

"Tapi kalau ini tidak berhasil di pasaran secara angka, aku rasa kayaknya enggak akan memberikan banyak pengaruh untuk perubahan iklim film dengan genre-genre seperti ini," ujar dia.

Di luar pertimbangan itu, Reza berharap bahwa genre-genre fantasi bisa terus dikembangkan dan diperbanyak lagi di Indonesia.

[Baca juga: Dwi Sasono Alami Hal Aneh Sebelum Ditawari Main Film Gerbang Neraka

"Sangat berharap bahwa kita enggak sekadar membuat film horor saja, tapi betul-betul dipikirkan apa sih yang bisa orang dapat setelah nonton film ini," kata dia.

"Kalau lihat film kan saya paling senang kalau setelah nonton bisa jadi bahan diskusi. Lepas dari setuju atau enggak setuju, ya apa pun yang disajikan di film bisa menjadi sebuah materi dialog yang baik," sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com