Joko Anwar Ungkap Alasan Jadi Seorang Aktor

Kompas.com - 10/10/2017, 20:14 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com- Sutradara film Joko Anwar mengungkapkan alasannya turut ambil peran dalam beberapa judul film, salah satunya dalan film terbaru garapan Upi, My Generation.

Hal itu ia katakan saat diwawancara usai peluncuran offical trailer dan poster film My Generation di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017).

"Saya jadi aktor itu untuk mengetahui bagaimana rasanya disutradarai oleh orang lain," kata Joko.

Joko mengaku merasakan menjadi pemain yang diarahkan oleh seorang sutradara, memberinya pengalaman berbeda.

"Saya bisa mengambil pengalaman ini untuk membantu saya dalam menyutradarai pemain, jadi saya bisa tahu bagaimana sih perasaan seorang pemain ketika di-direct sama sutradara," ucap sutradara film Pengabdi Setan itu.

[Baca juga: Joko Anwar Ikut Casting Dua Kali untuk My Generation]

Pria berbadan tambun itu juga menjelaskan, hal tersebut bertujuan agar Joko bisa membuat suasana nyaman bagi para aktor lain yang ia arahkan.

"Jadi saya bisa menggunakan pengalaman saya untuk menjadikan aktor di film saya lebih nyaman. Saya jadi aktor untuk belajar bagaimana rasanya disutradarai orang lain," lanjutnya.

Meski telah banyak menyutradarai film, Joko mengatakan, ia selalu profesional saat menjadi seorang aktor.

"Kalau misalnya aku jadi pemain, aku benar-benar ngikut ke sutradaranya, dia mau berakting seperti apapun aku akan ikut. Aku jadi seorang aktor yang baik aja," imbuh Joko.

My Generation menjadi film ke-34 yang Joko perankan. Film tersebut diakui Joko memiliki tantangan tersendiri untuknya.

"Karakter ini sangat kompleks, keluarganya kompleks, dan itu sangat menantang karena aku belum punya anak kan. Jadi aku harus riset sendiri, ketemu orang-orang, cerita bagaimana pengalaman mereka mendidiik anaknya," pungkasnya.

[Baca juga: Joko Anwar Jamin Adrenalin Penonton Pengabdi Setan Bakal Mengucur Deras]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.