Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Horor Psikologis Mother! Dinilai Pretensius dan Kacau Balau

Kompas.com - 19/10/2017, 09:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Aktris papan atas Hollywood, Jennifer Lawrence, membintangi film terbaru karya sutradara revolusioner Darren Aronofsky, Mother!

Dua kombinasi tersebut tentulah menjanjikan. Namun, kritikus Caryn James menyebut film ini pretensius dan kacau balau. Tulisan berikut ini mengenai film ini dibuat oleh James.

Darren Aronofsky pernah bercerita tentang bagaimana berbagai masalah yang terjadi di dunia, mulai dari isu lingkungan hingga krisis pengungsi, menginspirasinya untuk membuat film horor psikologis Mother!

"Suatu hari saya terbangun dengan segala ide itu membuncah di otak, meminta untuk dijadikan film." ujar Aronofsky.

Sayangnya, film ini malah hanya dipenuhi karakter yang hambar dan pesan-pesan moral yang terasa dipaksakan.

Baca juga: Jennifer Lawrence Menolak Pemeran Pengganti

Jennifer Lawrence berperan sebagai seorang istri. Suaminya, Javier Bardem,  seorang penyair yang sedang kehabisan ide tulisan.

Kita tidak tahu siapa nama kedua karakter ini--pertanda awal betapa buruknya Mother!

Aronofsky berkisah, itu dilakukannya supaya kedua karakter ini lebih terasa universal.

Pasangan tersebut tinggal di sebuah rumah yang terletak jauh dari mana-mana: jenis rumah yang tampaknya cuma ada di film horor.

Baca juga: Jennifer Lawrence Kembali Jadi Aktris Termahal di Dunia

Karakter misterius yang diperani Ed Harris kemudian menjadi tamu di rumah itu. Lalu, mengapa sang suami mengundang Harris untuk menginap?

Tak lama, istri Harris, yang diperani Michelle Pfeiffer, juga datang bertamu, membuat atmosfer rumah itu menjadi semakin aneh.

Pfeiffer bertanya kepada Lawrence berbagai pertanyaan pribadi dan bercinta dengan Harris dengan pintu yang dibuka, sengaja untuk mempertontonkan diri mereka.

Tak bisa ditampik, Darren Aronofsky dengan piawai mampu menghadirkan ketegangan. Kamera bergerak pelan seperti mengintai rumah, sambil mengikuti Lawrence yang kebingungan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Namun, itu cuma sebentar. Aronofsky pun seperti tidak sabar menghujani film ini dengan berbagai simbolisme dan kiasan-kiasan.

Tidak hanya itu, sangat banyak bagian film ini yang rasanya terinspirasi dari film Rosemary's Baby, membuat Mother! kadang lebih terasa seperti pembuatan ulang film horor klasik itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com