Karakter "Ibu Pengabdi Setan" Dijadikan Meme, Ayu Laksmi Terharu

Kompas.com - 27/10/2017, 09:41 WIB
Artis peran dan pemusik Ayu Laksmi ketika ditemui usai konferensi pers menjelang pertunjukan Panggung Rekam Jejak Dua Abad Cagar Budaya GPIB, di Hotel Atria, Kota Magelang, Kamis (26/10/2017) malam. KOMPAS.com/Ika Fitriana Artis peran dan pemusik Ayu Laksmi ketika ditemui usai konferensi pers menjelang pertunjukan Panggung Rekam Jejak Dua Abad Cagar Budaya GPIB, di Hotel Atria, Kota Magelang, Kamis (26/10/2017) malam.
|
EditorKistyarini

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemeran Ibu dalam film Pengabdi Setan, Ayu Laksmi, kini semakin dikenal. Karakternya sebagai "hantu" bahkan ramai menjadi bahan lelucon (meme) di media sosial.

"Saya terharu, saya tidak masalah, malah ada yang pakai untuk mengajak ke hal-hal positif. Itu bagus," ujar Ayu, ditemui di sela konferensi pers "Panggung Rekam Jejak Dua Abad Bangunan Cagar Budaya GPIB" di Hotel Atria Kota Magelang, Kamis (26/10/2017) malam.

Ayu merasa bersyukur perannya di film karya Joko Anwar tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat.

Meski bukan film pertama, bagi Ayu, Pengabdi Setan menjadi "jodohnya" dengan penikmat film Indonesia.

Ayu mengakui ada perubahan pandangan sebagian orang terhadap dirinya setelah Pengabdi Setan meledak di pasaran. Apalagi karakter horor yang sudah terlanjur melekat pada Ayu membuat sebagian orang takut mendekatinya.

"Banyak yang takut, tapi sekaligus dirindukan, antara benci tapi cinta. Bahkan ketika saya mau dekati, (dia) bergetar, he he he," selorohnya.

Di sisi lain, Ayu merasa bersyukur karena berkat film ini dirinya yang sebenarnya semakin dikenal masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sosok Ayu sebelumnya dikenal hanya di kalangan tertentu meskipun ia sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia musik dan tarik suara hingga teater di tanah kelahirannya, Bali.

[Baca juga : Gara-gara Pengabdi Setan, Ayu Laksmi Dapat Tawaran Dua Film ]

"Itu mengharukan, tapi di satu sisi saya bersyukur, karena saya yang sudah berjuang di seni musik sejak usia 5 tahun dan mungkin hanya diapresiasi sekelompok manusia, setelah film ini muncul banyak anak muda yang penasaran dengan sosok 'Ibu', mereka kayak membuka jendela siapa sih 'Ibu'. Ini situasi beruntung, diri saya sebenarnya diperkenalkan," ungkapnya.

[Baca juga : Ada Ayu Laksmi dalam Pengabdi Setan ]

Ayu tidak menafikan jika popularitas yang dia peroleh saat ini membawa konsekuensi, terutama terkait privasi. Namun Ayu berprinsip membahagiakan orang lain adalah hal yang menyenangkan bagi dirinya meski melelahkan.

[Baca juga : Setya Novanto dan Chicco Jerikho Jadi Meme Film Pengabdi Setan ]

"Saya senang membuat orang bahagia, itu penting. Kadang-kadang kalau ingin selalu membahagiakan orang itu memang melelahkan, tapi kita punya cara supaya jangan melukai. Saya pikir orang juga akan mengerti tanpa harus berbicara seperti ibu-ibu di film itu," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.