Bocoran Formula Sukses Marvel Cinematic Universe

Kompas.com - 12/11/2017, 12:40 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Marvel Cinematic Universe (MCU) akan memasuki usia ke-10 tahun pada 2018 mendatang. Semesta Marvel lahir seiring penayangan film Iron Man pertama pada 2008 lalu.

Terhitung sejak itu, Marvel telah memproduksi sekitar 14 film pahlawan super yang diangkat dari komik mereka. Pada fase pertama, setelah Iron Man (2008), dua tahun kemudian dirilis Iron Man 2 (2010), Thor (2011), dan  Captain America: The First Avenger (2011).

Lalu, film The Avengers (2012) menjadi pembuka fase kedua. Diikuti oleh Iron Man 3 (2013), Thor: The Dark World (2013), Captain America: The Winter Soldier (2014), Guardians of the Galaxy (2014), Avengers: Age of Ultron (2015), dan Ant-Man (2015).

Fase ketiga, menghadirkan film Captain America: Civil War (2016), Doctor Strange (2016), Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017), Spider-Man: Homecoming (2017), dan Thor: Ragnarok (2017).

Menuju akhir fase ketiga tahun depan, Marvel bakal merilis Black PantherAvengers: Infinity War (2018), serta Ant-Man and the Wasp (2018), Captain Marvel (2019), dan film Untitled Avengers (2019).

[Baca juga : Lima Momen Terbaik dalam Trailer Avengers: Infinity War]

Sebagian besar di antaranya mampu menembus tangga Box Office dunia. Tak sedikit pula yang menuai kritikan positif dari para kritikus film.

Dalam sebuah wawancara via telepon baru-baru ini, Vice President International Business Development & Brand Management Marvel, CB Cebulski, membocorkan formula kesuksesan Marvel.

"Banyak faktor yang berkontribusi dalam kesuksesan MCU. Formula pertama adalah visi Kevin Feige (bos Marvel Studio), dia ingin membuat film seperti yang ia sukai saat kecil ke dalam MCU lewat alur cerita yang saling berkait," ucap Cebulski.

Meski dengan banyak sekali karakter pahlawan super dalam film yang berbeda-beda, ia mengakui bahwa Feige mampu menggabungkannya ke dalam sebuah alam semesta.

"Orang-orang yang bisa mengikuti itu, bukan hanya tentang pahlawannya secara individu, tapi juga Marvel pada umumnya," katanya.

[Baca juga : Kostum Baru Iron Man dalam Film ?Avengers: Infinity War?]

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.