7 Pelaku Seni yang Raih Penghargaan Internasional Halaman 1 - Kompas.com

7 Pelaku Seni yang Raih Penghargaan Internasional

Kompas.com - 23/12/2017, 08:05 WIB
Agnez Mo dalam peluncuran Lakme di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2017) malam.KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Agnez Mo dalam peluncuran Lakme di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2017) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sepanjang 2017 ini sejumlah pelaku seni Tanah Air berhasil mencetak prestasi internasional.

Nama-nama seperti Agnez Mo, Garin Nugroho, Joey Alexander, hingga pemain pendatang baru Mbah Ponco mampu menarik mata dunia.

Beberapa di antaranya meraih trofi penghargaan dalam genggaman, sementara yang lain menjadi nomine ajang bergengsi dunia.

Mengapresiasi prestasi tersebut, kompas.com mencoba merangkum insan seni Indonesia yang mendulang apresiasi global pada tahun ini. Berikut daftarnya:

1. Agnez Mo

Penyanyi Agnez Mo dinobatkan sebagai Best Asian Artist Indonesia dalam Mnet Asian Music Awards atau MAMA 2017. Lima tahun lalu, Agnez pernah menang untuk kategori yang sama.

Pemilik nama lengkap Agnes Monico ini menerima trofi tersebut di Ho Chi Minh, Vietnam, Sabtu (25/11/2017), tempat ajang yang digelar oleh stasiun televisi Korea Selatan itu berlangsung.

[Baca juga : Agnez Mo Enggan Beberkan Proyek Barunya di 2018 ]

2. Joey Alexander

Pianis jazz muda asal Indonesia, Joey Alexander, menjadi nomine Grammy Awards 2017 untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dengan lagu "Countdown", yang diambil dari album keduanya yang berjudul sama.

Namun, ia kembali tersisih dalam malam puncak Grammy Awards 2017 yang digelar di Staples Center, Los Angeles, AS, pada 12 Februari lalu. Setahun sebelumnya, Joey pernah menjadi nomine pada kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album.

[Baca juga : Joey Alexander Belum Beruntung pada Kesempatan Kedua di Grammy Awards ]

3. Marsha Timothy

Artis peran Marsha Timothy berhasol menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik dalam ajang Sitges International Fantastic Film Festival yang berlangsung di Catalonia, Spanyol, pada September - Oktober 2017.

Apresiasi itu ia dapatkan berkat aktingnya dalam film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak.

Pada kategori itu, Marsha bersaing dengan aktris Hollywood Nicole Kidman, Masami Nagasawa, dan Monika Balsai.

[Baca juga : Marsha Timothy Tak Menyangka Raih Penghargaan Festival Film di Spanyol]


Page:
EditorBestari Kumala Dewi
Komentar
Close Ads X