Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Para Pengungsi Palestina Bikin Melly Goeslaw Sedih

Kompas.com - 26/12/2017, 12:31 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -- Penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslaw merasa terenyuh ketika melihat reaksi para pengungsi Palestina di Provinsi Kilis, Turki, dekat perbatasan dengan Suriah.

Pekan lalu, Melly bersama rekan seprofesinya, Opick, dalam rombongan sebuah lembaga amal, bertolak ke sana untuk menyampaikan bantuan.

"Yang bikin menyedihkan tuh, kan kalau bikin acara sosial, kalau banjir, gempa bumi, dan sebagainya. Kalau datang bantuan kan (pengungsi) langsung berkeroyok, bergerombol terus heboh, rebutanlah (bantuan)," ujar Melly dalam wawancara di kediamannya di Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Namun, reaksi seperti itu tidak ia jumpai saat memberikan bantuan kepada para pengungsi Palestina. Mereka justru cenderung diam atau tak menunjukkan ekspresi apa-apa.

"Yang bikin sedih tuh itu. Ini kayak hidup segan mati tak mau, gimana sih kayak sudah apatis sama keadaan, enggak senyum, diajak ngomong juga jawabnya susah, dikasih bantuan juga enggak berekspresi," ujar Melly.

[Baca juga : Melly Goeslaw Tak Bisa Wujudkan Keinginan Adopsi Dua Anak Palestina]

Bahkan, ada pengungsi yang sampai bersembunyi saat melihat rombongan Melly datang menghampiri mereka.

"Itu lebih parah, mereka bener-bener enggak mau disamperin gitu. Ketika ada orang asing, mereka sembunyi ke dekat tempat apa pun yang bisa mereka sembunyi," ujar pelantun "Bunda" itu.

"Jadi kami harus pelan-pelan banget samperinnya. Ada beberapa yang mau, tapi mayoritas enggak mau. Trauma," tambahnya.

Melly menduga itu karena para pengungsi itu trauma karena tragedi yang menimpa keluarga mereka di Palestina. "Mereka ngelihat orang asing tuh udah curiga duluan. Udah enggak nyaman kan," ujar Melly lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com