Kata Rhoma Irama, Ksatria Bergitar Juga Butuh Berlatih

Kompas.com - 02/01/2018, 12:16 WIB
Rhoma Irama ditemui di kediamannya di wilayah Pela Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGRhoma Irama ditemui di kediamannya di wilayah Pela Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (28/12/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rhoma Irama (71) selama ini tak cuma dijuluki Raja Dangdut, tetapi juga dinobatkan sebagai Ksatria Bergitar.

Selain karena Rhoma pernah membintangi film Satria Bergitar (1984), ia juga tak pernah lepas dari gitarnya setiap manggung. Kendati begitu, Rhoma mengaku tetap berlatih bermain gitar.

"Olahraga dan jaga kesehatan. Lalu sering berlatih, berlatih vokal dan gitar, masihlah," ucap Rhoma saat ditanya tips menjaga eksistensi dalam industri musik Indonesia di kediamannya di wilayah Pela Mampang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pelantun "Mirasantika" itu mengatakan, berlatih adalah sebuah keharusan. Tak peduli ia sudah ahli bermain gitar dengan pengalaman puluhan tahun di panggung.

[Baca juga : Rhoma Irama Ingin Ciptakan 1.000 Lagu]

Rhoma yang teknik permainan gitarnya terinspirasi dari Ritchie Blackmore "Deep Purple" itu, merasa perlu terus mengasah kemampuannya meski usianya tak muda lagi.

"Harus (latihan). Kayak sniper kalau enggak latihan nembak, meleset terus kan hehehe," ujar Rhoma yang mengaku tak punya jadwal rutin untuk berlatih gitar.

[Baca juga : Rhoma Irama: Ridho Rhoma Akan Kembali ke Sonet 2 ]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.