Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Rhoma Irama, Ksatria Bergitar Juga Butuh Berlatih

Kompas.com - 02/01/2018, 12:16 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rhoma Irama (71) selama ini tak cuma dijuluki Raja Dangdut, tetapi juga dinobatkan sebagai Ksatria Bergitar.

Selain karena Rhoma pernah membintangi film Satria Bergitar (1984), ia juga tak pernah lepas dari gitarnya setiap manggung. Kendati begitu, Rhoma mengaku tetap berlatih bermain gitar.

"Olahraga dan jaga kesehatan. Lalu sering berlatih, berlatih vokal dan gitar, masihlah," ucap Rhoma saat ditanya tips menjaga eksistensi dalam industri musik Indonesia di kediamannya di wilayah Pela Mampang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pelantun "Mirasantika" itu mengatakan, berlatih adalah sebuah keharusan. Tak peduli ia sudah ahli bermain gitar dengan pengalaman puluhan tahun di panggung.

[Baca juga : Rhoma Irama Ingin Ciptakan 1.000 Lagu]

Rhoma yang teknik permainan gitarnya terinspirasi dari Ritchie Blackmore "Deep Purple" itu, merasa perlu terus mengasah kemampuannya meski usianya tak muda lagi.

"Harus (latihan). Kayak sniper kalau enggak latihan nembak, meleset terus kan hehehe," ujar Rhoma yang mengaku tak punya jadwal rutin untuk berlatih gitar.

[Baca juga : Rhoma Irama: Ridho Rhoma Akan Kembali ke Sonet 2 ]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com