Yon Koeswoyo Tutup Usia, Seniman hingga Politikus Berduka

Kompas.com - 05/01/2018, 10:57 WIB
Yon Koeswoyo diabadikan dalam jumpa pers konser Andaikan Koes Plus Datang Kembali di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (16/11/2016). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNGYon Koeswoyo diabadikan dalam jumpa pers konser Andaikan Koes Plus Datang Kembali di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (16/11/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ungkapan duka mengalir deras untuk vokalis band legendaris Koes Plus, Yon Koeswoyo, yang meninggal dunia pada Jumat (5/1/2018) dalam usia 77 tahun.

Di Twitter, sebanyak 4.632 tweet belasungkawa ditujukan untuk mendiang Yon hingga menempati posisi puncak trending topic. Sejumlah seniman hingga politikus ikut berduka.

"Turut berduka cita atas wafatnya salah seorang legenda musik Tanah Air, Yon Koeswoyo (Koes Plus) semoga amal ibadah Almarhum diterima Allah SWT," tulis Slank lewat akun Twitter @slankdotcom, seperti yang dikutip Kompas.com.


Aktor Vino G Bastian dan Vokalis Barasuara Iga Massardi, juga menuliskan dukanya untuk mendiang Yon.

"Koes Ploes dan om Yon Koeswoyo adalah salah satu idola dr alm. Chrisye. Musik Indonesia hari ini kembali berduka. Selamat jalan om Yon Koeswoyo, terima kasih atas karya2 hebatmu. RIP," tulis akun Twitter @VinoGBastian_.


"Selamat jalan legenda musik Indonesia, Yon Koeswoyo vokalis dari Koes Plus," @iggamassardi.

Sementara, Rian "D'Masiv" mengenang Yin lewat sebuah foto yang ia unggah dalam akun Instagram-nya, @rianekkypradipta. Dalam foto itu, tampak Rian berdiri di samping Yon yang tersenyum sambil terbaring di ranjang rumah sakit.

"(foto ini di ambil beberapa tahun lalu saat om yon sedang di rawat di Rumah sakit) Al fatihah.. #RIPlegend #yonkoeswoyo #koesplus #koesbersaudara," tulis Rian.


Dua politikus, yakni Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Plt Ketua DPR Fadli Zon.

"SELAMAT JALAN MAS YON KOESWOYO Kepergianmu meninggalkan jejak cemerlang dalam sejarah seni musik nusantara. Musikmu tak pernah mati dalam memori generasi kami. Turut belasungkawa untuk Keluarga yang ditinggalkan. #RIPYonKoeswoyo #KoesPlus," tulis akun Twitter @cakimiNOW.

"Turut berduka cita atas meninggalnya YON KOESWOYO (KoesPlus). Semoga diberi tempat terbaik disisiNya," tulis Fadli Zon dalam akun Twitter @fadlizon.

Sebelum tutup usia, Yon diketahui pernah dirawat di rumah sakit karena penyakit komplikasi pada Mei 2016 lalu. Yon kala itu mengalami kebocoran paru-paru dan menderita diabetes.

Saat ini, jenazah Yon disemayamkan  di rumah duka di Jalan Salak, Pamulang, Tangerang Selatan.

Baca juga : Yon Koeswoyo Meninggal Dunia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X