Panggung Terakhir Yon Koeswoyo

Kompas.com - 06/01/2018, 12:31 WIB
Yon Koeswoyo dan kawan-kawan saat tes sound di Pendopo Kendal k9-11Yon Koeswoyo dan kawan-kawan saat tes sound di Pendopo Kendal
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu bahwa dua pekan sebelum mengembuskan napas terakhir pada Jumat (5/1/2018), Yon Koeswoyo menyempatkan manggung di luar kota.

David Koeswoyo, putra kedua vokalis band Koes Plus itu, mengungkapkan hal tersebut usai pemakaman Yon di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018).

"Semangatnya luar biasa, saya salut. Saya belum cerita ya. Jadi show dia terakhir di kota Kediri Desember tanggal 20 atau 21 apa ya, saya lupa," katanya.

Padahal, sehari sebelumnya kaki Yon bengkak. Tahu ayahnya sakit, David bersama sepupunya mencoba membujuk Yon agar membatalkan penampilannya di sana dan dirawat.

Baca juga : Yon Koeswoyo Beri Isyarat kepada Putranya lewat Lemari 4 Pintu

"Enggak mau dia, subuh dia tetap jalan. Berangkat dia, nyanyi di sana," ujar David.

Benar saja, baru membawakan lima lagu, kondisi Yon sudah tampak tak kuat menahan sakit. Padahal, biasanya sekali manggung ia mampu membabat habis 10 hingga 15 lagu.

"Kakak saya laporan, Papa ini lima lagu langsung kelihatan drop. Akhirnya distop, padahal biasanya dia nyanyi 10 - 15 lagu. Waktu di Kediri itu dia udah enggak kuat. Pulang dari Kediri, drop lagi dan masuk rumah sakit," ucap David.

Yon Koeswoyo meninggal dunia Jumat (5/1/2018) pagi di kediamannya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 77 tahun karena penyakit komplikasi diabetes dan paru-paru.

Baca juga : Yon Koeswoyo Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Tonny Koeswoyo



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X