Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Shape of Water Dominasi Oscar 2018 dengan 13 Nominasi

Kompas.com - 24/01/2018, 14:18 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

KOMPAS.com -- Film The Shape of Water arahan sutradara Guillermo del Toro mendominasi daftar nominasi Academy Awards ke-90 tahun ini.

Film fantasi berlatar era perang dingin yang dibintangi Sally Hawkins itu meraih 13 nominasi, termasuk Best Picture, Best Director untuk Del Toro, dan Best Actress untuk Hawkins.

Selebihnya, The Shape of Water menjadi nomine untuk kategori Best Supporting Actress, Best Supporting Actor, Best Original Screenplay, serta Best Cinematography.

Kemudian, Best Costume Design, Best Editing, Best Score, Best Production Design, Best Sound Editing, dan Best Sound Mixing.

Namun, film tersebut mau tak mau harus bersaing dengan Dunkirk karya Christoper Nolan dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri garapan sutradara Martin McDonagh.

[Baca juga : Mary J Blige Histeris Dapat Dua Nominasi Oscar 2018 ]

Dunkirk berhasil mengumpulkan delapan nominasi, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik untuk Nolan.

Sedangkan drama komedi McDonagh yang gelap, yang mendapat penghargaan paling banyak di Golden Globe tahun ini, memperoleh tujuh nominasi. Di antaranya film terbaik, aktris terbaik untuk Frances McDormand, dan aktor pendukung terbaik untuk Sam Rockwell dan Woody Harrelson.

Pengumuman pemenang Academy Awards atau Piala Oscar 2018 akan berlangsung di Teater Dolby, Los Angeles, AS, pada 4 Maret.

[Baca juga : Penyelenggara Piala Oscar Depak Produser Hollywood Harvey Weinstein]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com