Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Musik Indonesia Akan Diagendakan Dua Tahun Sekali

Kompas.com - 14/02/2018, 20:13 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Konferensi Musik Indonesia (KAMI), Glenn Fredly, mengatakan, bahwa konferensi musik tersebut akan menjadi agenda rutin yang digelar dua tahun sekali.

Konferensi pertama yang mengusung Raya Nada untuk Indonesia akan digelar di Kota Ambon, Maluku, pada 7 hingga 8 Maret 2018.

Glenn mengatakan, ada berbagai pertimbangan yang membuat ia mengagendakannya dua tahun sekali.

"Pertama pertimbangannya supaya kita bisa mengevaluasi. Setelah setahun ini, nanti ada evaluasi," ujar Glenn di Gedung TVRI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

"Jadi lebih kepada kami bisa mengevaluasi perjalanan, karena setahun tuh cepet banget. Jadi dua tahun tuh bisa lihat perkembangan sejauh mana, konferensi berikut bisa lihat pencapaian secara nasional," sambung dia.

[Baca juga : Konferensi Musik Indonesia Perdana Digelar 7-9 Maret 2018]

KAMI akan membahas topik-topik umum seputar industri musik, yang melibatkan pelaku musik dengan pemerintah.

Diharapkan, hasilnya nanti akan menciptakan suatu pembaharuan tatanan ekosistem musik yang berkelanjutan, serta menjadi salah satu kekuatan ekonomi baru kreatif Indonesia.

Adapun pelaku-pelaku yang dilibatkan dalam konferensi ini ada tiga golongan. Mereka adalah pelaku musik, pemerhati musik, dan pengambil keputusan dalam hal ini adalah pemerintah dan pengusaha.

"Totalnya akan ada 350 delegasi. Mereka lintas bidang seperti promotor, pelaku, penyanyi, pemusik, produser, label, pembuat festival, dan sebagainya. Karena ini konferensi musik pertama, sifatnya lebih undangan. Nanti yang kedua baru dibuka buat umum," kata Glenn.

[Baca juga : Glenn Fredly: Jangan Lihat Musik Jadi Sekadar Hiburan]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com