Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 12 Hari Diputar, Black Panther Meraup Rp 9,4 Triliun

Kompas.com - 26/02/2018, 10:32 WIB
Kistyarini

Editor

KOMPAS.com - Film Black Panther berpeluang masuk dalam daftar film yang menghasilkan 1 miliar dollar AS. Baru 12 hari diputar di bioskop di seluruh dunia, karya sutradara Ryan Coogler itu sudah meraup 704 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun.

Dari Amerika Utara (AS dan Kanada) saja, Black Panther sudah mengantungi 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,3 triliun.

Di dua negara itu, Black Panther baru diputar pada 16 Februari lalu. Di wilayah Amerika Utara, Black Panther ditayangkan di 4.020 lokasi.

Sebagai perbandingan lain, film produksi Marvel Studios lainnya, Guardians of the Galaxy, meraup 773 juta dollar AS (Rp 10,3 triliun) selama lima bulan diputar pada 2014.

Black Panther bakal jauh melampaui perolehan Guardians of the Galaxy. Apalagi film yang dibintangi Chadwick Boseman itu belum diputar di Jepang dan China, yang termasuk pasar besar bagi film Hollywood.

Bos Imax Greg Foster berpendapat kesuksesan Black Panther tak lepas dari kualitas film sehingga banyak orang rela menonton lebih dari sekali.

"Film ini memiliki daya promosi dari mulut ke mulut yang kuat dan loyalitas fans yang luar biasa. Kriteria itu diperlukan untuk sebuah kesuksesan," kata Foster seperti dikutip New York Times.

Sebagai informasi, bioskop Imax di lebih dari 60 negara memutar film Black Panther.

Sementara itu menurut Comscore yang dilansir Variety, 69 persen penonton memberi nilai "mengagumkan" dan 12 persen lainnya berpendapat "sangat bagus" kepada Black Panther.

Menurut data ComScore, pada akhir pekan kedua pemutarannya diketahui 33 persen penonton Black Panther adalah keturunan Afrika-Amerika, 37 persen Kaukasia (berkulit putih), 18 persen Hispanik, dan 7 persen Asia.

Hal itu tidak jauh berbeda dari data yang ditarik dari pekan pertama pemutaran Black Panther. Penonton film itu terdiri dari 37 persen warga keturunan Afrika-Amerika, 34 persen keturunan Kaukasia, 18 persen warga Hispanik, dan 5 persen keturunan Asia.

Baca juga : Lewat Black Panther, Marvel Studios Perkenalkan Negeri Wakanda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com