Baru 12 Hari Diputar, Black Panther Meraup Rp 9,4 Triliun

Kompas.com - 26/02/2018, 10:32 WIB
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Film Black Panther berpeluang masuk dalam daftar film yang menghasilkan 1 miliar dollar AS. Baru 12 hari diputar di bioskop di seluruh dunia, karya sutradara Ryan Coogler itu sudah meraup 704 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,4 triliun.

Dari Amerika Utara (AS dan Kanada) saja, Black Panther sudah mengantungi 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,3 triliun.

Di dua negara itu, Black Panther baru diputar pada 16 Februari lalu. Di wilayah Amerika Utara, Black Panther ditayangkan di 4.020 lokasi.

Sebagai perbandingan lain, film produksi Marvel Studios lainnya, Guardians of the Galaxy, meraup 773 juta dollar AS (Rp 10,3 triliun) selama lima bulan diputar pada 2014.

Black Panther bakal jauh melampaui perolehan Guardians of the Galaxy. Apalagi film yang dibintangi Chadwick Boseman itu belum diputar di Jepang dan China, yang termasuk pasar besar bagi film Hollywood.

Bos Imax Greg Foster berpendapat kesuksesan Black Panther tak lepas dari kualitas film sehingga banyak orang rela menonton lebih dari sekali.

"Film ini memiliki daya promosi dari mulut ke mulut yang kuat dan loyalitas fans yang luar biasa. Kriteria itu diperlukan untuk sebuah kesuksesan," kata Foster seperti dikutip New York Times.

Sebagai informasi, bioskop Imax di lebih dari 60 negara memutar film Black Panther.

Sementara itu menurut Comscore yang dilansir Variety, 69 persen penonton memberi nilai "mengagumkan" dan 12 persen lainnya berpendapat "sangat bagus" kepada Black Panther.

Menurut data ComScore, pada akhir pekan kedua pemutarannya diketahui 33 persen penonton Black Panther adalah keturunan Afrika-Amerika, 37 persen Kaukasia (berkulit putih), 18 persen Hispanik, dan 7 persen Asia.

Hal itu tidak jauh berbeda dari data yang ditarik dari pekan pertama pemutaran Black Panther. Penonton film itu terdiri dari 37 persen warga keturunan Afrika-Amerika, 34 persen keturunan Kaukasia, 18 persen warga Hispanik, dan 5 persen keturunan Asia.

Baca juga : Lewat Black Panther, Marvel Studios Perkenalkan Negeri Wakanda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.