Reza Rahadian: Benyamin Biang Kerok Didedikasikan untuk Benyamin Sueb

Kompas.com - 03/03/2018, 12:13 WIB
Benyamin Biang Kerok Falcon PicturesBenyamin Biang Kerok

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah film tak melulu diproduksi untuk menyampaikan pesan tertentu. Demikian pula dengan film komedi Benyamin Biang Kerok yang diproduksi ulang oleh Falcon Pictures.

"Saya enggak terlalu setuju bahwa sebuah film dengan sengaja akan menyajikan pesan-pesan tertentu ya. Artinya film ini dibuat dan didedikasikan untuk almarhum (seniman dan budayawan Betawi) Benyamin Sueb, itu yang pertama," kata aktor Reza Rahadian, pemeran Benyamin dalam film Benyamin Biang Kerok, dalam wawancara di XXI Senayan City, Jakarta Selatan, Jumat (2/3/2018).

Yang tak kalah penting, menurut Reza, film Benyamin Biang Kerok ini sejatinya juga bertujuan mengenalkan kembali kebudayaan Betawi kepada masyarakat luas.

Baca juga : Benyamin S, Muka Kampung Rejeki Kota...

"Kemudian poin kedua adalah bagaimana mengangkat unsur Betawi dan kebudayaan dari film ini. Jadi kemudian tidak serta merta sebuah film menunjukkan sebuah pesan moral, artinya ketika masyarakat menonton kemudian bisa menangkap sesuatu dari film ini yaitu kita kembalikan dari film ini, biarlah mereka yang ambil itu," ujar Reza.

"Karena tujuan awalnya untuk dedikasi kepada almarhum Benyamin Sueb, dedikasi terhadap budayawan Betawi, kemudian untuk menghibur masyarakat. Ada unsur komedian, ada unsur musikal yang mengingatkan banyak orang tentang lagu-lagu Benyamin Sueb. Itu saja sih sebenarnya, sederhana banget," tuntas Reza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.