Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Sineas Hollywood yang Pernah Menolak Piala Oscar

Kompas.com - 05/03/2018, 08:57 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber History

KOMPAS.com - Banyak aktor, penulis, dan direktur mengatakan bahwa mereka tidak peduli tentang menang Academy Award, bahkan jika mereka benar-benar menang.

Namun selama 90 tahun sejarah Oscar, hanya ada sedikit sineas yang betul-betul berani menolak menerima trofi berbentuk patung ksatria emas itu.

Salah satu momen penolakan Piala Oscar yang paling terkenal adalah ketika Marlon Brando memenangi gelar Aktor Terbaik untuk perannya dalam film The Godfather pada 1973.

Ketika presenter mengumumkan bahwa dia akan menang, kamera menyorot seorang aktris keturunan Apache bernama Sacheen Littlefeather. Ia dikira akan menerima piala untuk Brando, tetapi ternyata tidak.

Littlefeather membawa sepucuk surat dari Brando di mana sang aktor menjelaskan bahwa dia menolak penghargaan tersebut sebagai protes atas perlakuan Amerika terhadap penduduk asli Amerika.

Di tengah pidato Littlefeather, penonton malah mencemooh. Setelah acara tersebut, banyak orang menuding bahwa Littlefeather bukanlah Apache asli.

"(Brando) seharusnya muncul malam itu dan menyatakan pandangannya alih-alih membawa gadis tak dikenal dan membalutnya dengan pakaian Indian," kata aktor John Wayne kepada New York Times kala itu.

Momen itu adalah kali pertama seorang aktor mengirim utusan untuk menolak piala Oscar secara langsung, namun ini bukanlah kali pertama ada aktor yang menolak penghargaan tersebut.

George C Scott juga menolak Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik untuk film Patton pada 1970. Namun, tak seperti Brando yang beraksi mengejutkan, Scott sebenarnya telah mengatakan bahwa dia tidak akan menerima Oscar bertahun-tahun sebelumnya.

Ketika menjadi nomine untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam film The Hustler, dia menyatakan tidak menginginkannya karena tidak sependapat dengan sebuah kompetisi yang dianggapnya mengadu aktor.

Hingga pada 1971, Scott kembali menjadi nomine untuk perannya sebagai Jenderal George S Patton. Mengetahui itu, Scott sekali lagi memberi tahu pihak Academy Awards bahwa dia tidak menerima nominasi tersebut dan tidak akan menerima penghargaan.

Namun, Scott malah menang sebagai Aktor Terbaik dan membuat aktris Goldie Hawn berseru "Oh my god" saat membuka amplop pemenangnya.

Jauh sebelum Brando dan Scott, penulis skenario Dudley Nichols-lah orang pertama yang menolak Piala Oscar untuk film The Informant (1935).

Nichols memboikot Oscar sebagai protesnya terhadap pihak Academy Awards yang tak mengakui Screen Writers’ Guild di antara serikat pekerja lainnya.

Pada saat itu, pihak Academy Awards menentang serikat independen dengan alasan bahwa mereka sendiri telah menjadi serikat pekerja.

Baca juga : Aktor Sam Rockwell Raih Piala Oscar untuk Aktor Pemeran Pembantu

Nichols ketika itu menjadi satu-satunya pemenang yang memboikot acara tersebut dan menolak penghargaannya, bahkan mengirimkannya kembali sebanyak dua kali saat pihak Academy Awards mencoba mengirimkan piala Oscar kepadanya.

Pada 1938, aksi Nichols berakhir tatkala Dewan Hubungan Perburuhan Nasional memberi sertifikasi kepada Screen Writers' Guild sebagai perwakilan penulis industri film. Begitu alasan protesnya hilang, Nichols akhirnya menerima piala Oscar-nya.

Baca juga : Chadwick Boseman Menyapa ala Black Panther di Karpet Merah Oscar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber History
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com