Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara: Coco Tak Akan Pernah Ada tanpa Budaya Meksiko

Kompas.com - 05/03/2018, 17:44 WIB
Rizky Chandra Septania,
Ati Kamil

Tim Redaksi

Sumber ABCNews

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Film animasi Coco berhasil menggenggam dua piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature Film dan kategori Best Original Song untuk lagu temanya yang berjudul "Remember Me".

Film ini bisa disebut sebagai salah satu karya fenomenal dari Disney Pixar. Selain ceritanya menampilkan kultur Meksiko yang kental, film ini juga dipertontonkan ketika Presiden AS, Donald Trump, menentang keberadan orang-orang Meksiko-Amerika di AS.

Para pengisi suara untuk film ini pun artis-artis yang berasal dari Amerika Latin.

Baca juga: Lagu Remember Me dari Film Coco Bawa Pulang Piala Oscar

Sang sutradara, Lee Unkrich, menyatakan film ini merupakan salah satu bentuk representasi penting dari kultur Meksiko.

Ketika penyerahan piala Oscar, Unkrich ditemani oleh Andrian Molina, penulis naskah film ini yang berdarah Meksiko. Bersama Molina, Unkrich menyampaikan rasa terima kasihnya kepada orang-orang Meksiko.

"Coco tidak akan pernah ada tanpa budaya dan tradisi Anda. Dengan Coco, kami mencoba melangkah maju menuju dunia di mana semua anak bisa tumbuh lewat karakter film yang tampil apa adanya," ujar Unkrich, yang dikutip oleh ABC News pada Senin (4/3/2018) waktu setempat.

Baca juga: Coco Raih Piala Oscar untuk Film Animasi Terbaik

Ketika diwawancara di belakang panggung, Lee Unkrich menceritakan perjuangannya beserta semua rekannya dalam mencipta film animasi ini.

Menurut Unkrich, ia dan para anggota timnya merasa lebih bersemangat menggarap Coco ketika Donald Trump menjabat sebagai Presiden AS.

"Kami mulai membuat Coco enam tahun lalu, ketika situasi politiknya berbeda dengan sekarang. Ketika proses pembuatan film, presiden sekarang banyak mengeluarkan pernyataan kontroversial mengenai Meksiko dan itu tidak bisa diterima," ujarnya.

Baca juga: Film Coco Ketengahkan Budaya Meksiko Hormati Orang yang Telah Tiada

Hal serupa diungkapkan oleh penulis naskah sekaligus asisten sutradara film ini, Andrian Molina. Ia merasa bahwa Coco merupakan film yang sangat berarti baginya. Terlebih lagi, Molina merupakan pria berdarah Meksiko.

"Ada kebanggaan ketika sebuah kesempatan untuk merefleksikan diri kita dan kampung halaman bisa terwujud lewat (perusahaan film) Pixar," ucapnya.

Sementara itu, Darla Anderson, selaku produser film, menyatakan bahwa Coco merupakan sebuh masa depan. Coco bisa membuktikan bahwa seni bisa mengubah dan menghubungkan dunia.

"Coco merupakan bukti bahwa seni bisa mengubah dan menghubungkan dunia dan ini hanya bisa dilakukan bila kita memiliki tempat untuk semua orang dan siapa saja yang merasa seperti orang lain untuk didengarkan," tuturnya.

Baca juga: Coco, Saat Harus Memilih Antara Keluarga dan Cita-cita

Coco bercerita tentang seorang pemuda Meksiko berusia 12 tahun bernama Miguel, yang terjebak dalam dunia orang mati pada peryaan Day of the Dead.

Di Meksiko, Day of The Dead merupakan hari bagi para keluarga menghormati leluhur mereka yang sudah meninggal.  

Ketika terjebak di dunia orang mati, Miguel bertemu dengan nenek moyangnya.

Melalui petualangan yang mendebarkan, Miguel akhirnya bisa kembali ke dunia manusia hidup sekaligus menyelesaikan semua salah paham yang terjadi dalam keluarga besarnya.

Academy Awards 2018 atau yang ke-90, atau Oscar 2018, diadakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, AS, pada Minggu (4/3/2018) malam waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABCNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com