Arie Kriting Akui Sulit Beri Sentuhan Komedi untuk Film Anak

Kompas.com - 09/03/2018, 21:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Arie Kriting mengatakan, memasukkan unsur komedi untuk film anak-anak terbilang sulit dan penuh tantangan.

Arie menjadi penulis skenario untuk film Kulari ke Pantai bersama Gina S Noer, Mira Lesmana, dan Riri Riza.

"Jadi ini komedinya memang ada tantangan tersendiri sih, karena komedinya itu harus bisa diterima anak. Itu dia beda komedinya, sentuhannya beda," ujar Arie di Kedai Kopi 89, Kemang Raya, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Sebagai seorang pelawak tunggal, Arie kerap menjadi konsultan komedi untuk beberapa film remaja ataupun dewasa. Untuk film anak, Arie harus menyesuaikan dari sudut pandang anak.

[Baca juga : Arie Kriting dan Gina S Noer Jadi Penulis Skenario Kulari ke Pantai]

"Jadi kalau misalnya adegan buku jatuh, pegangan tangan itu kan komedi untuk remaja atau dewasa, tapi yang ini kami mencarikan situasi-situasi komedi yang kemungkinan melibatkan anak-anak," kata dia.

"Kedua, karena target penontonnya anak-anak, kami harus menghadirkan komedi untuk anak-anak. Formulanya itu yang coba kami ramu," sambung Arie.

Sebagai referensi, Arie memilih film petualangan anak Home Alone (1990) menjadi inspirasinya.

"Kami ingatnya kayak Home Alone gitu, kan sangat mudah ditertawakan sama anak-anak. Waktu kecil saya kan nontonnya Home Alone, dan Home Alone buat saya lucu banget," kata dia.

Meski demikian, bukan berarti Arie mencontek mentah-mentah lelucon film yang dibintangi oleh Macaulay Culkin itu.

"Enggak sih, cuma referensinya ke situ. Tone-nya bakal ke situ," kata dia.

Kulari ke Pantai bercerita tentang dua anak perempuan berbeda karakter bernama Sam (Maisha Kanna) dan Happy (Lil'li Latisha). Bersama keluarga, mereka melakukan perjalanan darat menjelajah dari Pulau Jawa hingga Pulau Rote.

Film yang akan mulai proses shooting pada 10 Maret 2018 itu, dijadwalkan akan ditayangkan di jaringan gedung bioskop Tanah Air pada Juni 2018.

[Baca juga : Diam-diam, Arie Kriting Galang Dana dan Kirim Bantuan ke Asmat]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.