Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekraf dan Efek Rumah Kaca Capai Kata Sepakat

Kompas.com - 13/03/2018, 09:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan antara Badan Ekonomi Kreati (Bekraf) Triawan Munaf dengan Efek Rumah Kaca (ERK) berkait keberangkatan ke festival South by South West (SXSW) 2018 akhirnya mencapai titik temu.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik mengungkap bahwa pihaknya dan ERK sudah melakukan komunikasi melalui teleconference pada Minggu (11/3/2018) malam.

"Sudah terjadi dialog antara Bekraf dengan ERK. Sudah panjang lebar lah, empat jam. Jadi teleconference selama empat jam," ujar Ricky di kantor Bekraf, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018).

Pembicaraan tersebut melibatkan Kepala Bekraf Triawan Munaf bersama beberapa pejabat Bekraf di Jakarta, Ricky di Yogyakarta, dan vokalis ERK Cholil Mahmud yang berada di New York, AS.

Ricky mengatakan, ia belum dapat mengumumkan hasil dari dialog Bekraf dan ERK tersebut. Sebab, mereka sepakat untuk tidak lagi saling membela diri dan akan memberi pernyataan bersama mengenai persoalan itu.

"ERK kami sudah sepakati bersama. Klarifikasi dan penjelasan akan keluar bersama antara ERK dan Bekraf. Jadi tidak sepihak-sepihak lagi. Itu buat kami lebih baik," kata Ricky.

Triawan menambahkan, yang bisa mereka ungkapkan saat ini adalah bahwa komunikasi antara Bekraf dan ERK sudah sangat terbuka dan pihaknya banyak menerima masukan dari Cholil cs.

Begitu juga sebaliknya, Bekraf memberi penjelasan lebih lengkap tentang alur mekanisme dukungan Bekraf kepada para pelaku ekonomi kreatif ketika akan melakukan kegiatan di luar negeri.

"Tadi malam senang sekali kami bicara. Itu dulu sementara, sebelum kami ada statement bersama dengan Efek Rumah Kaca," ucap Triawan.

Sebelumnya, ERK menyatakan mengundurkan diri dengan alasan mendapati kejanggalan pada harga tiket pesawat pergi-pulang Jakarta-Austin-Jakarta yang dipasang oleh agen travel yang ditunjuk oleh Bekraf.

Baca juga : Bekraf Akan Bertemu Efek Rumah Kaca untuk Selesaikan Masalah

ERK juga menyatakan bahwa mereka akan tetap berangkat ke SXSW dengan dana yang mereka cari sendiri.

Sementara, dari pihak Bekraf tidak dapat menyerahkan rincian anggaran tiket perjalanan lima delegasi ERK, yang nantinya digunakan untuk membeli lebih lima tiket. Hal itu bertentangan dengan aturan keuangan pemerintahan.

Bekraf menjelaskan bahwa masalah-masalah administrasi keuangan negara tidak sederhana yang dipikirkan oleh orang awam.

Baca juga : Efek Rumah Kaca Jelaskan Alasan Undur Diri dari Delegasi Bekraf ke AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com