Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album J-Hope BTS Masuk Urutan 38 Billboard 200

Kompas.com - 14/03/2018, 09:35 WIB
Rizky Chandra Septania,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

Sumber Yonhap

KOMPAS.com - Album mixtape solo pertama karya personel boyband BTS J-Hope yang bertajuk Hope World, melejit ke urutan 38 tangga album utama Billboard 200, menurut publikasi musik AS.

Posisi Hope World naik 25 tingkat pada Selasa (13/3/2018) kemarin menjadi urutan ke-38. Sebelumnya, album ini menempati urutan ke-63 pada debut pertamanya.

Mixtape merupakan jenis rekaman musik yang diproduksi sendiri secara independen oleh seorang artis musik untuk tujuan nonkomersial seperti dikutip dari Yonhap News (14/3/2018).

Sedangkan Billboard 200 sendiri mengelompokkan 200 album paling populer dalam waktu seminggu berdasarkan penjualan album online atau offline serta jumlah aliran.

Melesatnya posisi Hope World membuat J-Hope mematahkan rekornya sendiri sekaligus menjadi lagu K-Pop solo tertinggi yang pernah ditampilkan oleh Billboard 200.

Awal mula dirilis, album Hope World menempati urutan teratas tangga lagu iTunes di 63 negara termasuk AS, Inggris, Kanada, Brasil, dan Australia.

Baca juga : Dalam 24 Jam, Mixtape J-Hope BTS Rajai iTunes di 63 Negara

Sedangkan di tujuh negara lainnya, yakni Finlandia, Romania, Slovenia, Ukraina, dan Vietnam, album Hope World berhasil menempati posisi puncak.

J-Hope menjadi anggota BTS ketiga yang melakukan mixtape setelah RM yang pernah membuatnya 2015 lalu dan Suga pada 2016 lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com