Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Isyana Sarasvati Menciptakan Lagu

Kompas.com - 14/03/2018, 16:28 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com-- Selain dikenal dengan suaranya yang indah, Isyana Sarasvati juga diketahui pandai mencipta lagu. Isyana pun mengungkap bagaimana biasanya lagu buatannya diciptakan.

Menurut wanita kelahiran Bandung, 2 Mei1993 ini, ide sebuah lagu bisa datang kapan saja, entah melody terlebih dahulu, ataupun lirik.

"Aku sih biasanya kalau meng-compose lagu tergantung ya, ada yang misalkan tiba-tiba liriknya dulu yang kepikiran, aku buat dulu liriknya nanti musiknya aku lanjutin di rumah,"kata Isyana saat menghadiri acara peluncuran Yamaha Keyboard PRS-S97 dan S775 di Gedung Yamaha, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (13/3/2018).

"Misalkan tiba-tiba aku kepikiran structure lagu dulu, chord atau melody gitu, itu juga bisa baru nanti liriknya aku selipin. Kadang memang tergantung sih," ungkapnya.

Namun jika yang datang dalam pikirannya adalah melody terlebih dahulu, Isyana memilih menyimpan nada itu dalam piano miliknya.

"Karena aku memang menciptakan lagu sendiri, jadi saat aku mempunyai ide, saat aku mempunyai percikan-percikan ide atau melodi, biasanya aku langsung rekam di piano takut lupa gitu, jadi (piano) penting banget," katanya.

[Baca juga : Sejak Kecil Isyana Sarasvati Tak Bisa Lepas dari Musik dan Piano]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com