Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Powerslaves Gaungkan Kebaikan Lewat Terus Melangkah

Kompas.com - 25/03/2018, 11:42 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Band rock Powerslaves akhirnya merilis singel berjudul "Terus Melangkah" yang merupakan singel kedua untuk album ketujuh yang sedang digarapnya.

Lagu tersebut merupakan lagu yang digarap oleh Heydi Ibrahim (vokal), Wiwiex Soedarno (keyboard), Anwar Fatahillah (bass), Andry Muhammad atau Andry Franzy (gitar) dan Agung Yuda Asmara (drum) sejak Agustus 2017 lalu.

Kali ini Powerslaves mengajak pendengar untuk melakukan kebaikan lewat lirik-lirik yang ditulis oleh Heydi bersama Anwar.

"Jangan berhenti dalam mengejar sesuatu (yang baik). Intinya, jangan putus harapan. Itu pesan yang ingin disampaikan. Apapun yang kita impikan, jangan putus di tengah jalan. Optimis,” kata Heydi melalui keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Minggu (25/3/2018).

“Secara musikalitas kami merasa lebih dewasa dalam menuangkan ide-ide bermusik,” timpal Agung.

[Baca juga : Powerslaves Terus Melangkah untuk Album Ketujuhnya ]

Nuansa aransemen modern rock diusung oleh band asal Semarang, Jawa Tengah tersebut. Menurut Wiwiex, mereka ingin memasukan unsur musik berbeda dari album sebelumnya.

“Sebenarnya kami tidak bisa lepas dari jati diri kami sebagai band rock n’ roll. Kami hanya menambahkan warna-warna musik kekinian pada sound gitar, bass, dram maupun keyboard di lagu ini," ujar Wiwix.

"Saya sendiri memang mendengarkan band-band sekarang seperti Amaranthe misalnya, tapi bukan berarti kami ingin mengekor band-band itu. Toh, di bagian tengah lagu ini saya tetap selipin warna blues,” sambungnya.

"Wiwiex itu referensinya lumayan banyak. Selain blues dan rock n’ roll, sisi pop-nya juga kental. Tapi itu justru yang ‘mengerem’ keinginan saya dan Heydi (Ibrahim) agar tidak terlalu liar dalam bereksplorasi. Wiwiex jadi pemanis di Powerslaves, khususnya di lagu ini,” timpal Anwar.

Sebelum melepas "Terus Melangkah", Powerslaves sudah lebih dulu merilis singel perdana yang berjudul "Sudah Jangan" pada November 2016 lalu.

Sejauh ini, empat lagu untuk album ketujuh telah direkam Powerslaves. Dalam keseluruhan lagu tersebut, mereka menyajikan warna musik pop, balada, modern rock hingga progresif rock yang ditetesi DNA ala Powerslaves.  

Sepanjang 26 tahun berkarya di industri musik. Beberapa karya telah dibuat oleh band yang dimotori oleh Anwar tersebut, yakni Metal Kecil (1995), Metal Kartun (1996), Kereta Rock & Roll (1998), Powerslaves (2002), Ga' Bakal Mati (2004), Jangan Kau Mati (EP, 2010), 100% Rock N Roll, (2012), dan Rock Kebangsaan (EP, 2013).

[Baca juga : Jelang Rilis Album, Powerslaves Kembali ke Pasar dengan Single Slow Rock ]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com