Rio Dewanto Bikin Riset Kecil tentang Bibit Kopi

Kompas.com - 29/03/2018, 19:47 WIB
Rio Dewanto saat menghadiri acara peluncuran Viva Barista di sebuah tempat di Pondok Indah Mal, Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanRio Dewanto saat menghadiri acara peluncuran Viva Barista di sebuah tempat di Pondok Indah Mal, Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Rio Dewanto melakukan riset kecil tentang kopi di rumahnya.

Ia menanam benih kopi jenis arabika tipika atau kopi kalosi. Bibit itu ia dapatkan dari seorang teman yang menjadi anggota asosiasi perkopian.

Menurut Rio, jenis pohon itu terancam punah. Bibit itu hanya hidup di kawasan tertentu di Pulau Jawa dan Toraja, Sulawesi Selatan.

"Sudah enam bulan saya jalani," ujar Rio dalam wawancara seusai acara Viva Barista di Pondok Indah Mal, Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2018).

[Baca juga : Rio Dewanto: Sekali Kena Kutukan Kopi, Sulit Berhenti]

Rio mengaku penasaran dengan hasil dari benih pohon tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang berbeda, Rio menanamnya dengan tiga metode.

Pertama Rio menanamnya dengan pupuk berbahan kimia. Yang kedua, Rio menamamnya dengan pupuk organik.

"Yang terakhir saya tanam tanpa pupuk. Mau lihat dari ketiganya perbedaannya seperti apa," kata dia.

Menurut Rio, hal itu dilakukan lantaran terlanjur cinta pada kopi. Ia tidak ingin hanya menikmati rasanya, melainkan juga ngin belajar bagaimana menanam kopi.

[Baca juga : Rio Dewanto: Kopi Sudah Jadi Bagian Hidup]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.