Gambar Dunia di Atas Kanvas Kecil - Kompas.com

Gambar Dunia di Atas Kanvas Kecil

Kompas.com - 30/03/2018, 08:02 WIB
Suasana pembukan pameran Imago Mundi di Flairmont Hotel, Jakarta, Rabu 28 Maret 2018.Kompas.com/Jodhi Yudono Suasana pembukan pameran Imago Mundi di Flairmont Hotel, Jakarta, Rabu 28 Maret 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com--Lukisan-lukisan dalam ukuran 30 x 30 cm itu memenuhi ruang pameran di Sunrise Art Gallery & Arcade, Hotel Fairmont Jakarta. Pada Rabu malam, 28 Maret 2018, lukisan-lukisan dengan aneka ekspresi itu memang dibuka untuk umum, sebagai penutup dari rangkaian pameran di beberapa negara.

Adalah Antonius Kho (Wina Galeri), bekerja sama dengan Fondazionesarenco Benetton, Italy, telah mengadakan proyek seni, Imago Mundi (Gambar Dunia), dengan tema The Art of Humanity (Seni Kemanusiaan), di kawasan Asia tenggara/ASEAN.

Proyek seni ini telah menerbitkan beberapa buku. Untuk Indonesia berjudul “Indonesia: Islands of the Imagination, Contemporary Artists from Indonesia" (222 Perupa Indonesia), untuk Malaysia, “Malaysia: Colours of Destiny, Contemporary Artists from Malaysia" (144 Perupa) dan untuk Singapore: “Singapore Art 21st Century and Beyond, Contemporary Artists from Singapore" (140 Perupa), dengan konstitusi koleksi yang sangat
besar yang beredar di seluruh dunia.

Selama ini proyek seni “Imago Mundi” telah menerbitkan buku-buku seni, yang diedarkan di museum, galeri nasional, art foundation, kolektor di seluruh dunia, dengan jumlah cetakan 5000 exemplar, untuk setiap negara, di seluruh negara-negara di Eropa , Afrika, Amerika dan yang berikutnya Asia dan Australia.

Koleksi yang sangat besar ini, di bawah naungan Yayasan Benetton, tidak memiliki niat komersial sama sekali, tetapi bertujuan untuk menyatukan keragaman dunia di atas pengalaman artistik masing-masing negara, untuk mencapai "katalogisasi" karya, dari pada menempuh jalur pada umumnya, yang kebanyakan menonjolkan segi komersialisasi; seperti ; galeri, art
space, balai lelang atau pasar seni yang lainnya.

Tujuan acara ini adalah untuk memiliki perjalanan pengumpulan karya seniman dan menunjukkannya melalui penerbitan buku, pameran, situs web tertentu dan media social (facebook, instagram, dll.), yang didedikasikan untuk seni dan tersedia dalam jumlah terbesar di dunia. Untuk itu, diperlukan kerja sama dengan lembaga-lembaga swasta, galeri nasional, art space, art foundation dan museum dunia.

Setiap seniman hanya menyertakan satu karya lukisan dengan ukuran yang telah ditentukan, 10x12cm (postcard) dan CV (English), tidak untuk dijual tetapi hanya untuk di publikasikan dalam buku dengan ketebalan 500 halaman dan akan diikutsertakan dalam berbagai pameran museum, art foundation di seluruh dunia. Setiap Perupa mendapat dua halaman, yang berisi 1 foto karya
(10 x 12 cm) dan CV (English), dan setiap Perupa mendapatkan 1 buku.



Close Ads X