Gading Marten, Iwa K, dan Eno NTRL Sepanggung Lagi Setelah 8 Tahun

Kompas.com - 03/04/2018, 09:47 WIB
S.O.B usai latihan untuk 25th Anniversary Concert Batman Kasarung - Iwa K di Bros Music Studio, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGS.O.B usai latihan untuk 25th Anniversary Concert Batman Kasarung - Iwa K di Bros Music Studio, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah delapan tahun istirahat dari panggung musik, band Sound of Beat (S.O.B) akan kembali lagi.

Band yang beranggotakan Gading Marten, rapper Iwa K, pemain drum Eno "NTRL", dan DJ Czhico itu bakal tampil dalam 25th Anniversary Concert Batman Kasarung - Iwa K di The Pallas, Jakarta Selatan, pada 4 April 2018.

"Pertama kali latihan lagi. Udah delapan tahun ya kita he-he-he. Anak udah ada yang SD," kata Gading disambut tawa Eno dan Iwa usai latihan bersama S.O.B di Bro's Music Studio, Jakarta Selatan, Senin (2/4/2018) malam.

Iwa menimpali, walaupun sudah bertahun-tahun tak pernah lagi satu panggung, ia dan personel S.O.B tak sedikit pun merasa canggung kembali bermusik.

"Kami bikin The S.O.B ini tahun 2010 ya. Karena kalau enggak manggung kami suka ngumpul, silaturahim kami jalan terus. Justru pas latihan tadi bukan canggung, tapi kami lebih ke yang 'Kami kemarin cuma ngumpul ketawa-ketawa, sekarang kami manggung lagi nih!'. Lebih ke exciting-nya. Seru deh pokoknya," ujar Iwa.

Baca juga : Lewat Konser, Iwa K Akan Kisahkan 25 Tahun Berkarier

Menurut dia, kekuatan utama S.O.B adalah keberagaman genre musik masing-masing. Eno membawa jiwa punk-rock nya, DJ Czhico dengan musik elektronik, Gading yang lebih ke pop, dan semua itu disatukan dalam hip hop yang diusung Iwa K.

"Karena hip hop itu emang gabungan berbagai macam karakter yang beda. Alat musik beda, genre beda disatukan, itu spiritnya hip hop. Jadi kami emang lebih ke bikin harmoni dari keberagaman. Bukan memobilisasi penyeragaman. Asyik he-he-he," ujarnya.

Hanya satu saja tantangan mereka ketika terpikir untuk manggung bareng lagi, yaitu menyamakan jadwal masing-masing.

"Susah jadwalnya hahaha," kata Gading.

"Gading yang paling sulit (soak jadwal) he-he-he," timpal Eno.

"Jadi gini, dalam setahun tuh kami ada sebulan yang kosong. Kami bener bener commit 'eh kita manggung S.O.B yuk di waktu yang sama-sama kosong ini'. Abis itu udah, 11 bulan jalan masing-masing lagi hahahah," sambung Iwa K yang mengundang tawa dua rekannya.

Sound of Beat (S.O.B) awalnya terbentuk dadakan untuk membuka konser rapper asal AS Sean King Stone di Jakarta pada September 2010. Namun, karena mendapat apresiasi dari para penyuka musik, mereka jadi serius dengan kelanjutan grup tersebut.  

Baca juga : S.O.B Iseng-iseng Dapat Apresiasi

Kemudian, tawaran demi tawaran mangggung diterima oleh S.O.B. Sesudah membuka konser Sean King Stone, mereka pernah main dalam Java Soulnation Festival 2010 dan menjadi opening act untuk konser N.E.R.D di Jakarta pada 10 Januari 2011.

Baca juga : S.O.B Bikin Rock Berasa Hip Hop di Soulnation

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X