Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bambam Got7 Bebas dari Wajib Militer

Kompas.com - 10/04/2018, 13:54 WIB
Rizky Chandra Septania,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Member boyband GOT7 Bambam dibebaskan dari tugas wajib militer Thailand. Penyebabnya, kuota wamil dari wilayah tempat tinggalnya sudah terpenuhi.

Menurut peraturan wajib militer Thailand, setiap wilayah menyelenggarakan undian untuk menentukan rekrutmen baru. Undian ini digelar pada bulan April.

Para calon peserta wamil mengambil selembar kartu dari sebuah kotak tertutup. Jika yang diambil kartu merah, berarti dia akan menjalani wamil selama dua tahun. Jika terambil kartu hiam, berarti dia mendapat pengecualian tidak menjalani wajib militer.

Selain itu, warga negara juga bisa langsung menjadi relawan tanpa perlu mengambil undian.

BamBam mengikuti undian pada Senin (9/4/2018) lalu. Ia sudah dinyatakan memenuhi syarat kesehatan.

Ternyata jumlah relawan wamil dari kampung halaman BamBam sudah memenuhi kuota. Karena itu Bambam tak diwajibkan untuk mengambil undian dan dibebaskan dari tugas wajib militer.

Di Thailand, rekrutmen wajib militer dilaksanakan setiap bulan April. Uniknya, peserta wajib militer ditentukan dengan cara pengundian atau mengajukan diri sebagai sukarelawan.

Dalam waktu dekat, BamBam akan segera kembali ke Korea dan bergabung dengan member GOT7 lainnya untuk melakukan promosi.

Selain BamBam, ada juga artis K-pop yang merupakan warga negara Thailand, yaitu Ten, member boyband NCT.

Pada 1 April lalu, Ten pulang ke Thailand untuk ikut rekrutmen militer. Ia dinyatakan tidak lolos tes kesehatan. Ten pernah mengalami cidera lutut sehingga dibebaskan dari undian.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com