Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Kamar Hotel yang Pernah Dihuni Bob Dylan Terjual 125 Ribu Dollar AS

Kompas.com - 15/04/2018, 21:33 WIB
Ati Kamil

Editor

NEW YORK, KOMPAS.com -- Sejumlah pintu kamar Hotel Chelsea, New York, AS, yang direnovasi, telah menghasilkan sedikitnya 400 ribu dollar AS.

Contohnya, pintu kamar hotel yang pernah didiami oleh artis musik dan peraih Hadiah Nobel bidang sastra Bob Dylan (76) laku terjual dalam lelang dengan harga 125 ribu dollar AS.

Kantor berita AFP melaporkan bahwa pintu-pintu itu diselamatkan oleh seorang gelandangan yang pernah tinggal di hotel tersebut selama sembilan tahun.

Baca juga: Gitar Bob Dylan Laku Rp 11 Miliar dalam Lelang

Sejak dibuka pada 1884, Hotel Chelsea pernah menjadi hunian tetap dan sementara sejumlah tokoh sastra, bintang film, dan penyanyi terkenal.

Mereka, antara lain, adalah penulis Mark Twain dan Jack Kerouac; artis musik Bob Marley dan Joni Mitchell; bintang film Humphrey Bogart; serta seniman rupa  Andy Warhol.

Pintu kamar yang pernah ditinggali oleh penyanyi rock ikonik 1960-an Janis Joplin terjual 106 ribu dollar AS lebih.

Baca juga: Konser di Swedia, Bob Dylan Akhirnya Terima Hadiah Nobel

Ketika hotel itu direnovasi, Jim Georgiou, yang tinggal di hotel itu dari 2002 sampai ia diusir pada 2012 karena tidak membayar sewa, melihat para pekerja membuang pintu-pintu kamar hotel tersebut.

Bersama beberapa kawannya ia mengumpulkan kira-kira 50 pintu.

Setelah mengadakan riset di perpustakaan dan mewawancara bekas-bekas tetangganya yang pernah menginap di sana, Georgiou bisa memastikan bahwa sedikitnya ada 22 pintu kamar yang pernah dihuni oleh orang-orang terkenal.

Georgiou, yang menjadi gelandangan setelah diusir dari hotel itu, kini bisa tersenyum gembira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com