Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Dhani dan Gaya Nyeleneh Selama Persidangan

Kompas.com - 17/04/2018, 11:31 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis musik Ahmad Dhani telah menjalani sidang pembacaan dakwaan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018).

Pentolan band Dewa 19 itu didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dedyng Wibianto Atabay bahwa kicauannya dapat menimbulkan kebencian atau permusahan karena tiga kicauannya.

Tiga kicauan itu diunggah akun @AHMADDHANIPRAST dalam rentang waktu Februari-Maret 2017. Kicauan-kicauan itu diunggah Dhani melalui seorang admin bernama Suryopratomo Bimo.

Dhani bahkan memberikan gaji sebesar Rp 2 juta per bulan kepada Bimo sebagai admin Twitter.

"Dia digaji Rp 2 juta per bulan oleh terdakwa. Suryo Pratomo Bimo menyalin persis yang ditulis oleh Dhani, yang dikirim melalui pesan WhatsApp," ucap jaksa.

"Saksi Suryo Pratomo Bimo melakukan perbuatan secara sengaja menyebarkan informasi menimbulkan rasa kebencian atau SARA," kata jaksa.

Dhani didakwa melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Ancaman hukuman yang dijerat kepada suami penyanyi Mulan Jameela itu adalah enam tahun penjara.

Atas dakwaan tersebut, Ahmad Dhani dan tim penasehat hukumnya mengajukan eksepsi atau nota keberatan yang akan digelar pada Senin (23/4/2018).

Kaus #2019GantiPresiden

Bukan Dhani jika tidak menunjukkan sikap politik. Tiba di PN Jaksel sekitar pukul 15.00 WIB, Dhani terlihat mengenakan kaus hitam dengan tulisan mencolok. Penampilannya dipadu dengan peci berwarna hitam.

Pada kaus itu, tertulis kata-kata berbau politik. Kaus itu bertuliskan #2019GantiPresiden, yang sepintas mirip dengan logo Mall Giant. Beberapa kali dia berpose dengan bangga memperlihatkan tulisan kaus itu ke bidikan kamera.

"Setiap hari saya pakai kaus ini. Saya belum sempat bikin, dibikinin sama teman. Kenapa pakai kaus ini? Saya sangat pengin sekali ganti presiden. Saya pengin Prabowo," ucap Dhani menjelaskan motifnya memakai kaus tersebut.

Bahkan, sebelum JPU membacakan dakwaan, ada gaya nyeleneh yang ditunjukkan Dhani. Bukannya tegang duduk di bangku terdakwa, dengan wajah santai Dhani malah menunjukkan simbol baru dari gaya berfotonya.

Saat itu, Dhani secara spontan bergaya seperti itu ketika para juru foto membidiknya secara sembunyi-sembunyi dari arah kanan dan kiri Dhani.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com