Ahmad Dhani dan Gaya Nyeleneh Selama Persidangan

Kompas.com - 17/04/2018, 11:31 WIB
Artis musik Ahmad Dhani tiba untuk menjalani sidang kasus dugaan ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018). Ahmad Dhani diduga melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGArtis musik Ahmad Dhani tiba untuk menjalani sidang kasus dugaan ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018). Ahmad Dhani diduga melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis musik Ahmad Dhani telah menjalani sidang pembacaan dakwaan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018).

Pentolan band Dewa 19 itu didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dedyng Wibianto Atabay bahwa kicauannya dapat menimbulkan kebencian atau permusahan karena tiga kicauannya.

Tiga kicauan itu diunggah akun @AHMADDHANIPRAST dalam rentang waktu Februari-Maret 2017. Kicauan-kicauan itu diunggah Dhani melalui seorang admin bernama Suryopratomo Bimo.

Dhani bahkan memberikan gaji sebesar Rp 2 juta per bulan kepada Bimo sebagai admin Twitter.

"Dia digaji Rp 2 juta per bulan oleh terdakwa. Suryo Pratomo Bimo menyalin persis yang ditulis oleh Dhani, yang dikirim melalui pesan WhatsApp," ucap jaksa.

"Saksi Suryo Pratomo Bimo melakukan perbuatan secara sengaja menyebarkan informasi menimbulkan rasa kebencian atau SARA," kata jaksa.

Dhani didakwa melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Ancaman hukuman yang dijerat kepada suami penyanyi Mulan Jameela itu adalah enam tahun penjara.

Atas dakwaan tersebut, Ahmad Dhani dan tim penasehat hukumnya mengajukan eksepsi atau nota keberatan yang akan digelar pada Senin (23/4/2018).

Kaus #2019GantiPresiden

Bukan Dhani jika tidak menunjukkan sikap politik. Tiba di PN Jaksel sekitar pukul 15.00 WIB, Dhani terlihat mengenakan kaus hitam dengan tulisan mencolok. Penampilannya dipadu dengan peci berwarna hitam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X