Keroncong Lombok Jeprit di Bentara Solo - Kompas.com

Keroncong Lombok Jeprit di Bentara Solo

Kompas.com - 20/04/2018, 08:03 WIB
IlustrasiDok. Bentara Budaya Solo Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com--Malam ini, Jumat 20 April 2018 mulai pukul 19.30 WIB, Bentara Budaya Solo kembali menggelar acara Keroncong Bale, dengan menampilkan Orkes Keroncong “LOMBOK JEMPRIT” SMA Santo Yosef.

Keroncong Bale merupakan salah satu program pementasan musik keroncong yang dilakukan secara rutin oleh Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo.

OK Lombok Jemprit merupakan kelompok keroncong siswa SMA PL Santo Yosef Surakarta. Kelompok keroncong ini terbentuk pada tahun 2006, yang merupakan pengembangan dari Orkes Keroncong Lombok Pedes yang beranggotakan Guru dan Karyawan. Hal ini bertujuan agar musik keroncong  dapat terus diminati generasi muda.

OK Lombok Jemprit pentas secara rutin diacara hari ulang tahun sekolah yang biasa disebut "Yosef Day", dan acara perpisahan sekolah. Selain itu, Kelompok ini secara rutin tampil diacara  gebyar kemerdekaan atas permintaan dari Walikota Surakarta di area galabo serta event pemerintah kota di benteng Vastenburg.
 
Di bawah pimpinan Kepala Sekolah Br. Stefanus Ngadenan FIC serta Asuhan dari KRH Dony Wiratmo, musik keroncong di SMA PL Santo Yosef dapat terus berkembang dan menjadikan siswa mencintai keroncong. Apresiasi yang tinggi dari warga sekolah untuk terus nguri nguri musik keroncong sebagai aktualisasi kota Solo sebagai kota budaya.



Komentar
Close Ads X