Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trofi EGP Jadi Pembuktian The Resonanz Children’s Choir

Kompas.com - 23/04/2018, 14:22 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Trofi kemenangan European Grand Prix (EGP) for Choral Singing menjadi sebuah pembuktian bagi Kelompok paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC) pimpinan Avip Priatna.

"Prestasi ini menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia tidak hanya mampu menampilkan karya asal Indonesia saja tetapi juga mampu menginterprestasikan karya-karya komposer dunia," ujar Avip dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/4/2018).

Berkekuatan 44 penyanyi anak, TRCC tampil membawakan lagu tradisional Bali berjudul "Janger" yang diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana pada perhelatan EGP di Maribor, Slovenia, pada 21 April 2018 lalu.

Selain itu, mereka juga membawakan karya-karya musisi dunia, yakni Ad Amore karya Lee R. Kesselman, Duo Seraphim karya Thomas Luis de Victoria, dan Der Wassermann karya Robert Schumann.

Kelompok paduan suara anak The Resonanz Children?s Choir (TRCC) pimpinan Avip Priatna menjadi pemenang European Grand Prix (EGP) for Choral Singing di Maribor, Slovenia, pada 21 April 2018.
Dokumentasi The Resonanz Children’s Choir Kelompok paduan suara anak The Resonanz Children?s Choir (TRCC) pimpinan Avip Priatna menjadi pemenang European Grand Prix (EGP) for Choral Singing di Maribor, Slovenia, pada 21 April 2018.

Lalu Salve Regina karya komposer Indonesia, Ivan Yohan, Steal Away aransemen Gwyneth Walker, serta 137 Hip Street karya komposer Indonesia Fero Aldiansya Stefanus (1988).

"Ini merupakan buah dari kerja keras para anggota TRCC yang menyediakan waktu untuk latihan, tak hanya di antara kegiatan sekolah mereka dan bahkan di akhir pekan," kata Avip yang juga merupakan Direktur Musik The Resonanz Music Studio.

Dalam European Grand Prix in Choral Singing, TRCC bersaing dengan para juara umum dari enam kompetisi paduan suara paling disegani di Eropa yang berlangsung 2017 lalu.

Mereka adalah Allmänna Sången dari Swedia (juara umum International Choral Competition Gallus Maribor di Slovenia), Coro Musicanova dari Roma, Italia (juara umum Florilège Vocal de Tours, di Perancis), The Stockholms Musikgymnasium Chamber Choir dari Swedia (juara umum International May Choir Competition di Bulgaria), dan Beijing Philharmonic Choir dari Tiongkok (juara umum Concorso Polifónico Guido d'Arezzo di Italia).

Baca juga : Paduan Suara Indonesia The Resonanz Childrens Choir Bersyukur Ukir Sejarah di Eropa

Kemenangan di European Grand Prix for Choral Singing menambah deretan prestasi TRCC di kancah internasional.

Pada 5 November 2017 lalu, TRCC berhasil meraih juara pertama pada kategori Children’s Choir, Public Audience Award dan meraih Juara Umum pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung tanggal di kota Tolosa, Spanyol.

TRCC juga memenangkan Juara Umum pada Musica Eterna Roma International Choral Competition and Festival pada Juli lalu.

Baca juga : Paduan Suara Indonesia The Resonanz Childrens Choir Juara Lagi di Eropa


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com