Mencari Definisi Karya Perupa Perempuan - Kompas.com

Mencari Definisi Karya Perupa Perempuan

Kompas.com - 25/04/2018, 19:00 WIB
Kika: Ipong Purnamasidi, Effix Mulyadi,Bambang BujonoKompas.com/Jodhi Yudono Kika: Ipong Purnamasidi, Effix Mulyadi,Bambang Bujono

JAKARTA, KOMPAS.com--Bisa kah dibedakan karya perupa perempuan dan laki-laki? Adakah lukisan karya perupa perempuan pasti memilikii garis yang halus? Atau selalu menggunakan warna-warna pastel? Ternyata perupa Danarto (alm) juga menggunakan garis-garis halus dalam lukisannya. Atau..

"Secara intuitif, kita bisa membedakan karya perupa perempuan dan laki-laki, tapi tidak mudah untuk didefinisikan," ucap Bambang Bujono, jurnalis senior dan dosen di Institut Kesenian Jakarta, pada diskusi "Lima Perupa Pserempuan" di Bentara Budaya Jakarta, Rabu 25 April 2018.

Menurut Perupa Ipong Purnamasidi, yang lebih penting dari sekedar mendefinisikan lukisan adalah pada tema yang diusung. Menurut mantan kurator Bentara Budaya Jakarta ini, dengan tema itulah sebuah pameran atau hasil karya perupa jadi "bunyi".

Hal ini dibenarkan oleh Efix Mulyadi yang mengatakan, bahwa dengan tema yang menarik itu wartawan jadi lebih gampang menulis.

Pada Rabu sore itu, sejumlah perupa dan penikmat senirupa memang sedang membicarakan karya lima perempuan yang menggelar pameran di aula Bentara Budaya Jakarta.

Lima perupa perempuan, Dyan Anggraini, Ria Andaryanti, Aishah Abdul Latif, Trinawangwulan & Hartina Ajir, hadir menampilkan sepilihan karya lukisnya yang merespon berbagai tema mengenai wanita dan kesehariannya. Imajinasi 5 Perempuan merupakan tanggapan kreatif mereka atas situasi yang dialami perempuan dalam berbagai dimensi maupun perspektifnya, termasuk sekat-sekat yang selama ini membatasi gerak kreativitas mereka.

Para perupa yang berpameran ini menyampaikan pesan bahwa perempuan dapat berkarya di semua sektor tanpa batasan gender, usia, maupun kebangsaan, termasuk pula dalam bidang seni budaya di masa kini.


Komentar
Close Ads X