Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Livi Zheng Perkenalkan Blitar di Los Angeles

Kompas.com - 04/05/2018, 15:26 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara asal Indonesia Livi Zheng memperkenalkan film terbarunya yang berjudul Blitar di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (2/5/2018) malam waktu setempat.

Pemutaran itu bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Lewat Blitar, Livi ingin memperkenalkan sejarah, keindahan, keragaman agama, serta budaya dan seni kota yang dijuluki 1000 candi tersebut.

Salah satu tarian tradisional yang ditampilkan di acara Amazing Blitar di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (2/5/2018).Dok. Livi Zheng Salah satu tarian tradisional yang ditampilkan di acara Amazing Blitar di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (2/5/2018).
Melalui pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (4/5/2018), film tersebut mengangkat tiga sudut pandang di Kabupaten Blitar, yakni Pantai Serang, Perkebunan Teh Sirah Kencong, dan Candi Penataran. Livi menyebutnya "Triangle Diamond".

Tidak hanya penayangan filmnya saja, ada juga sebuah pentas seni dan budaya yang dibawa oleh Pemerintah Kabupaten Blitar ke Los Angeles.

Dalam acara bertajuk "Amazing Blitar", Pemkab Blitar membawa tim kesenian yang terdiri dari 17 orang. Mereka membawakan pertunjukan seni dan budaya di antaranya Tari Emprak, Tari Remo, dan Tari Jaranan.

Livi mengatakan atraksi kesenian tradisional itu digelar agar penonton di Los Angeles bisa ikut merasakan ritual, estetika, dan keindahan panorama Blitar.

Delegasi kesenian Kabupaten Blitar berfoto bersama dalam acara Amazing Blitar yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (2/5/2018).Dok. Livi Zheng Delegasi kesenian Kabupaten Blitar berfoto bersama dalam acara Amazing Blitar yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (2/5/2018).
Acara itu sekaligus merupakan penghormatan sebuah bangsa atas sejarah kota yang pernah diduduki oleh bangsa asing.

Dalam wawancara beberapa waktu lalu, Livi mengatakan, ide awalnya pembuatan film Blitar dari dirinya sendiri yang ingin mengangkat budaya lokal Blitar, kampung halamannya.

"Awalnya saya ingin mengangkat budaya lokal di Blitar, hal ini saya sampaikan ke Pak Rijanto, Bupati Blitar, dan beliau sangat mendukung ide tersebut," kata Livi.

Baca juga : Film Blitar Karya Livi Zheng Akan Diputar di Amerika Serikat

"Triangle diamond merupakan ide dari Pak Rijanto. Tujuannya supaya ada beberapa destinasi wisata bila berlibur ke Blitar, karena itu lokasi yang dikembangkan Pemkab Blitar untuk wisata dan budaya," sambungnya.

Pengambilan gambar dilakukan Livi pada hari jadi Blitar yang ke-693 beberapa waktu lalu. Untuk shooting itu ia memboyong kru produksinya dari Los Angeles, Amerika Serikat.

Baca juga : Rayakan Ulang Tahunnya, Livi Zheng Rilis Film Blitar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com