Mengenal 501st Legion, Komunitas Resmi Penggemar Star Wars

Kompas.com - 05/05/2018, 13:19 WIB
Pendiri komunitas 501st Legion, Albin Johnson, bersama para anggotanya. Komunitas itu merupaka penggemar dari saga Star Wars. KOMPAS.com/Tri Susanto SetiawanPendiri komunitas 501st Legion, Albin Johnson, bersama para anggotanya. Komunitas itu merupaka penggemar dari saga Star Wars.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda termasuk pecinta film-film Star Wars, ada baiknya mengenal komunitas 501st Legion.

501st Legion merupakan sebuah komunitas resmi dan diakui oleh rumah produksi Lucas Films, selaku pemegang hak cipta Star Wars. Saat ini, sudah ada 13.000 anggota 501st Legion yang tersebar di berbagai negara.

Komunitas itu didirikan oleh Albin Johnson bersama rekannya, Tom Crews, pada Agustus 1977 di Amerika Serikat.

Kepada Kompas.com lewat sambungan telepon dengan beberapa media di Indonesia, Kamis (3/5/2018), Albin menjelaskan alasan membentuk 501st Legion.

"Aku tertarik membentuk dan mengembangkan komunitas ini karena penggemar science fiction kesulitan mencari tempat atau komunitas untuk berkumpul," ujar Albin.

[Baca juga : Star Wars: The Last Jedi Jadi Film Paling Menguntungkan Versi Deadline]

Menurut Albin, sebuah komunitas amat penting bagi penggemar untuk saling berinteraksi dan bertukar pikiran. Apalagi, kata Albin, penggemar Star Wars luas ada di berbagai negara.

"Saya saat ini dapat bepergian ke seluruh dunia untuk bertemu dengan penggemar lainnya untuk membangun pertemanan," ucap dia.

"Saya sangat tertarik dengan klub yang terbuka untuk pertamanan, tanpa memperhatikan kewarganegaraan, arah politik, dan mereka bisa berkomentar bebas. Karena menurut saya penting bagi setiap anggota klub untuk dapat memberikan pendapat. Jadi, alasan utama dari komunitas ini adalah pertemanan," sambung dia.

Luasnya cakupan 501st Legion di berbagai negara, akhirnya membawa komunitas tersebut ke sebuah misi, yakni turut andil dalam kegiatan-kegiatan sosial.

[Baca juga : Solo: A Star Wars Story Rilis Trailer Kedua ]

Cara yang dilakukan mereka pun cukup unik. Dalam setiap kegiatan amal, para anggota 501st Legion pasti akan menggunakan cosplay dari karakter antogonis dalam film Star Wars. Karakter itu berasal dari pasukan Galactic Empire atau Kekaisaran Galaksi.

Albin mengatakan, kegiatan sosial sebenarnya bukan tujuan 501st Legion. Namun, kegiatan tersebut bagi para anggota 501st Legion adalah hal yang menyenangkan.

"Sangat menyenangkan, sangat bersemangat mengikuti kegiatan amal, karena banyak orang yang saling bertegur sapa dengan gembira, dan banyak anak-anak yang gembira terutama dari lingkungan sekitar. Saya ingin terus menjaga perasaan riang mereka," sambung dia.

"Menurut saya, penting bagi komunitas pergi ke suatu negara dan membantu lingkungan tersebut. Yayasan sosial di rumah sakit sangat mendukung kami. Hal terpenting adalah, kami ingin terus melanjutkan hal baik ini," tambah Albin.

[Baca juga : Sutradara Solo: A Star Wars Story Unggah Foto Terbaru Lando Calrissian ]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.