Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Mantan Komikus Marvel, Marcella Zalianty Punya Misi Khusus

Kompas.com - 22/05/2018, 09:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Marcella Zalianty punya misi khusus menghadirkan tokoh pejuang perempuan dari Aceh, Keumalahayati, dalam bentuk komik.

Ia ingin kaum muda Indonesia punya alternatif superhero idola, selain ciptaan Marvel Comics atau DC Comics.

"Mudah-mudahan generasi muda bangsa kita khususnya tidak hanya mencintai superhero Marvel, misalnya Hulk atau Captain America," ucap Marcella dalam peluncuran komik Keumalahayati di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

"Karena mereka punya sosok superhero Indonesia yang berasal dari cerita sejarah kepahlawanan yang kita punya, salah satunya Keumalahayati," katanya lagi.

Karena itu, ia menggandeng mantan ilustrator Marvel Comics, Ardian Syaf, serta komikus asal Yogyakarta bernama Aris Naka Abdee untuk menggarap komik Keumalahayati.

Untuk penulis cerita, Marcella yang bertindak sebagai produser komik tersebut mengajak Edna Caroline Pattisina, wartawan Kompas peraih KASAU Award 2017 bidang jurnalistik.

"Buat saya sudah saatnya buat kita berkarya untuk Indonesia dan mengangkat tokoh Indonesia," ucap Marcella.

Tak mudah baginya mengangkat kisah hidup Keumalahayati, laksamana perempuan yang memimpin 2.000 orang pasukan melawan Belanda.

Marcella dan tim sebelumnya harus melalukan riset mendalam karena referensi pustaka tentang kehidupan pribadi Keumalahayati sangatlah minim.

"Malahayati sudah ratusan tahun, 1500 masehi. Kami lebih ke manuscript dan buku. Dari situ kami menemukan perjalanan sejarahnya, tetapi tidak pernah menemukan ruang personal Malahayati," kata Marcella.

"Tapi ini satu hal yang baik jadi kami ada keleluasaan untuk mendramatisasi cerita. Ini hanya pengembangan dari sebuah cerita nyata. Kami bikin konstruksi sejarahnya itu lewar wawancara ahli waris keluarga, sejarawan, tokoh-tokoh Aceh kami minta pendapatnya," sambungnya.

Komik Keumalahayati: Laksamana Perempuan Pertama edisi pertama diterbitkan dalam 40 halaman oleh Penerbit KPG. Rencananya akan ada dua episode dengan satu edisi spesial.

Baca juga: Terinspirasi Wonder Woman, Marcella Zalianty Produksi Komik Keumalahayati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com