Gandeng Mantan Komikus Marvel, Marcella Zalianty Punya Misi Khusus

Kompas.com - 22/05/2018, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Marcella Zalianty punya misi khusus menghadirkan tokoh pejuang perempuan dari Aceh, Keumalahayati, dalam bentuk komik.

Ia ingin kaum muda Indonesia punya alternatif superhero idola, selain ciptaan Marvel Comics atau DC Comics.

"Mudah-mudahan generasi muda bangsa kita khususnya tidak hanya mencintai superhero Marvel, misalnya Hulk atau Captain America," ucap Marcella dalam peluncuran komik Keumalahayati di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

"Karena mereka punya sosok superhero Indonesia yang berasal dari cerita sejarah kepahlawanan yang kita punya, salah satunya Keumalahayati," katanya lagi.

Karena itu, ia menggandeng mantan ilustrator Marvel Comics, Ardian Syaf, serta komikus asal Yogyakarta bernama Aris Naka Abdee untuk menggarap komik Keumalahayati.

Untuk penulis cerita, Marcella yang bertindak sebagai produser komik tersebut mengajak Edna Caroline Pattisina, wartawan Kompas peraih KASAU Award 2017 bidang jurnalistik.

"Buat saya sudah saatnya buat kita berkarya untuk Indonesia dan mengangkat tokoh Indonesia," ucap Marcella.

Tak mudah baginya mengangkat kisah hidup Keumalahayati, laksamana perempuan yang memimpin 2.000 orang pasukan melawan Belanda.

Marcella dan tim sebelumnya harus melalukan riset mendalam karena referensi pustaka tentang kehidupan pribadi Keumalahayati sangatlah minim.

"Malahayati sudah ratusan tahun, 1500 masehi. Kami lebih ke manuscript dan buku. Dari situ kami menemukan perjalanan sejarahnya, tetapi tidak pernah menemukan ruang personal Malahayati," kata Marcella.

"Tapi ini satu hal yang baik jadi kami ada keleluasaan untuk mendramatisasi cerita. Ini hanya pengembangan dari sebuah cerita nyata. Kami bikin konstruksi sejarahnya itu lewar wawancara ahli waris keluarga, sejarawan, tokoh-tokoh Aceh kami minta pendapatnya," sambungnya.

Komik Keumalahayati: Laksamana Perempuan Pertama edisi pertama diterbitkan dalam 40 halaman oleh Penerbit KPG. Rencananya akan ada dua episode dengan satu edisi spesial.

Baca juga: Terinspirasi Wonder Woman, Marcella Zalianty Produksi Komik Keumalahayati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.