Marcella Zalianty Akan Angkat Kisah Heroik Keumalahayati ke Film

Kompas.com - 24/05/2018, 13:07 WIB
Marcella Zalianty diabadikan saat peluncuran komik Keumalahayati di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGMarcella Zalianty diabadikan saat peluncuran komik Keumalahayati di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah pejuang perempuan dari Aceh, Keumalahayati, baru saja diangkat menjadi cerita komik. Tak berhenti di situ, aktris Marcella Zalianty selaku produser komik tersebut juga berencana mengangkatnya ke layar lebar.

"Lewat karya komik ini mudah-mudahan ke depannya insya Allah dibuat filmnya," ujar Marcella dalam wawancara di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Saat ini, film Keumalahayati sedang dalam tahap development bersama sineas kenamaan Indonesia, yakni sutradara Eros Djarot, penulis skenario Rayya Makarim dan Es Ito.

Film Keumalahayati akan diproduksi oleh rumah produksi Keana Films milik Marcella Zalianty.

"Mengangkat figur Keumalahayati dalam masa kini menurut saya ini merupakan tanggung jawab sejarah. Bagi saya Malahayati penting untuk dikenal generasi muda khususnya karena mereka masih banyak yang belum tahu," kata Marcella.

"Saya terinspirasi karena Malahayati memberikan semangat dan inspirasi kepasa kita bahwa perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri," tambahnya.

Sebagai informasi, Keumalahayati merupakan laksaman perempuan pertama di Indonesia. Ia adalab perempuan heroik Aceh dalam sejarah armada laut Nusantara yang sangat berpengaruh dalam politik militer Kerajaan Aceh Darussalam pada abad ke-16.

Figur Keumalahayati dengan gigih berjuang menjaga kedaulatan Tanah Airnya ketika kala itu tiga kerajaan Eropa, yakni Belanda, Inggris dan Portugis, bersaing untuk menguasai dan menanamkan pengaruh mereka di jalur perdagangan Nusantara.

Baca juga: Terinspirasi Wonder Woman, Marcella Zalianty Produksi Komik Keumalahayati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.