Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcella Zalianty Akan Angkat Kisah Heroik Keumalahayati ke Film

Kompas.com - 24/05/2018, 13:07 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah pejuang perempuan dari Aceh, Keumalahayati, baru saja diangkat menjadi cerita komik. Tak berhenti di situ, aktris Marcella Zalianty selaku produser komik tersebut juga berencana mengangkatnya ke layar lebar.

"Lewat karya komik ini mudah-mudahan ke depannya insya Allah dibuat filmnya," ujar Marcella dalam wawancara di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Saat ini, film Keumalahayati sedang dalam tahap development bersama sineas kenamaan Indonesia, yakni sutradara Eros Djarot, penulis skenario Rayya Makarim dan Es Ito.

Film Keumalahayati akan diproduksi oleh rumah produksi Keana Films milik Marcella Zalianty.

"Mengangkat figur Keumalahayati dalam masa kini menurut saya ini merupakan tanggung jawab sejarah. Bagi saya Malahayati penting untuk dikenal generasi muda khususnya karena mereka masih banyak yang belum tahu," kata Marcella.

"Saya terinspirasi karena Malahayati memberikan semangat dan inspirasi kepasa kita bahwa perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri," tambahnya.

Sebagai informasi, Keumalahayati merupakan laksaman perempuan pertama di Indonesia. Ia adalab perempuan heroik Aceh dalam sejarah armada laut Nusantara yang sangat berpengaruh dalam politik militer Kerajaan Aceh Darussalam pada abad ke-16.

Figur Keumalahayati dengan gigih berjuang menjaga kedaulatan Tanah Airnya ketika kala itu tiga kerajaan Eropa, yakni Belanda, Inggris dan Portugis, bersaing untuk menguasai dan menanamkan pengaruh mereka di jalur perdagangan Nusantara.

Baca juga: Terinspirasi Wonder Woman, Marcella Zalianty Produksi Komik Keumalahayati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com