Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Jadi Prioritas, Iqbaal Ramadhan Menolak Homeschooling

Kompas.com - 26/05/2018, 19:26 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan artis peran Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan mengaku selalu menolak proses belajar dengan metode sekolah rumah atau homeschooling.

"Saya dari dulu enggak mau homeschooling," ujar Iqbaal saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Iqbaal punya alasan menolak metode homeschooling. Ia berujar, jika tidak menempuh pendidikan di sekolah formal, ia tidak bisa merasakan bagaimana proses belajar di dalam kelas dan berinteraksi dengan teman sebayanya.

"Tapi bukan sekadar itu saja. Sekolah itu pendewasaan diri sebelum masuk ke reward. Kayak kita dikasih tugas sekolah, itu kan banyak, harus dikerjakan. Itu akan kebiasaan di dunia kerja," kata Iqbaal.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Lulus SMA di Amerika

"Kalau enggak begitu (dikasih tugas banyak), nanti pas kerja bisa keteteran. Sekolah itu melatih karakter," sambung pemeran Dilan dalam film Dilan 1990 tersebut.

Karena itu, selepas lulus sekolah menengah pertama (SMP), Iqbaal kembali memilih sekolah formal. Bahkan, Iqbaal memilih bersekolah di lur negeri.

Sebagai informasi, Iqbaal bersekolah di United World Colleges (UWC), New Mexico, Amerika Serikat, dengan mendapatkan beasiswa.

UWC merupakan lembaga pendidikan setara sekolah menengah atas (SMA). Para siswa UWC berasal dari berbagai negara.

"Sekolah memang jadi prioritas saya," kata Iqbaal.

Baca juga: Lulus Sekolah di Amerika, Iqbaal Ramadhan Berencana Kuliah Jurusan Komunikasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com